Kompas TV nasional hukum

Firli Bahuri Kembali Mangkir dari Panggilan Polda Metro Jaya Terkait Dugaan Pemerasan SYL

Kompas.tv - 14 November 2023, 12:33 WIB
firli-bahuri-kembali-mangkir-dari-panggilan-polda-metro-jaya-terkait-dugaan-pemerasan-syl
Ketua KPK Firli Bahuri (Sumber: YouTube KPK)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali mangkir dari pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya, Selasa (14/11/2023).

Berdasarkan laporan dari jurnalis Kompas TV Dian Silitonga, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak telah mengonfirmasi bahwa Firli Bahuri berhalangan hadir.

Sayangnya, tidak dijelaskan alasan mengapa Firli tak memenuhi panggilan dari penyidik Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Hari Ini, Polda Metro Jaya Kembali Periksa Firli Bahuri, Kapolda: Kita Lihat, Datang Atau Nggak?

Firli Bahuri sedianya dijadwalkan diperiksa hari ini pada pukul 10.00 WIB. Di saat yang sama, pimpinan KPK tersebut memimpin konferensi pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) Pj Bupati Sorong di Gedung Merah Putih KPK.

Ini adalah ketiga kalinya Firli Bahuri mangkir dari pemeriksaan dalam kasus dugaan pemerasan terhadap SYL. Pada 20 Oktober lalu, ia mangkir saat dipanggil untuk pemeriksaan perdana.

Penyidik Polda Metro Jaya pun menjadwalkan ulang pemeriksaan pada 24 Oktober. Firli memenuhi panggilan tersebut dan memberikan sejumlah keterangan.

Polda Metro Jaya kemudian kembali memanggil Firli untuk pemeriksaan lanjutan pada 7 November 2023. Namun, ia kembali mangkir dengan alasan dinas di Aceh. Kini, Firli Bahuri kembali mangkir dari pemeriksaan.


 

Tak hanya pemeriksaan di Polda Metro Jaya, pimpinan KPK itu juga beberapa kali tak memenuhi panggilan dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang tengah mengusut dugaan pelanggaran etik.

Baca Juga: Dewas KPK Tak Bisa Periksa Firli Bahuri Hari ini, Jadwalkan Ulang Pekan Depan

Dewas KPK meminta Firli untuk memberikan keterangan pada 27 Oktober. Firli pun meminta pemeriksaan diundur ke 8 November karena memiliki agenda yang padat, salah satunya kegiatan di Aceh.

Dewas KPK telah menjadwalkan pemeriksaan pada kemarin Senin (13/11), tetapi Firli tak hadir dan meminta pemeriksaan dilakukan hari ini.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan bahwa Dewas KPK memiliki agenda raker sehingga pemeriksaan terhadap Firli Bahuri akan dijadwalkan ulang ke pekan depan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x