Kompas TV nasional hukum

Hari Ini, Polda Metro Jaya Kembali Periksa Firli Bahuri, Kapolda: Kita Lihat, Datang Atau Nggak?

Kompas.tv - 14 November 2023, 07:34 WIB
hari-ini-polda-metro-jaya-kembali-periksa-firli-bahuri-kapolda-kita-lihat-datang-atau-nggak
Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung KPK, Kamis (5/10/2023). (Sumber: YouTube KPK)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terkait dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) hari ini, Selasa (14/11/2023).

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa Firli Bahuri diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi pada pukul 10.00 WIB.

“Dischedulkan (dijadwalkan) pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahannya pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 pukul 10.00,” kata Ade, Senin (13/11).

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya soal Pemeriksaan Firli Bahuri: Kita Lihat Saja Besok, Datang atau Tidak

Ade menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat panggilan tersebut pada hari Jumat (10/11) ke Gedung Merah Putih KPK. 

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah Firli Bahuri datang memenuhi panggilan pemeriksaan atau tidak.

“Dasar panggilan kan besok, kita lihat saja besok datang atau enggak,” kata Karyoto.

Sebagai informasi, Firli sedianya diperiksa pada pekan lalu, yakni Selasa (7/11). Namun, ia tak dapat memenuhi panggilan penyidik lantaran ada dinas di Aceh.

Ini merupakan kali kedua Firli dipanggil. Firli baru sekali menjalani pemeriksaan kasus dugaan pemerasan SYL di Polda Metro Jaya pada 24 Oktober 2023 lalu.


 

Di sisi lain, Dewan Pengawas (Dewas) KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Firli Bahuri. Pemeriksaan etik itu sedianya dilakukan kemarin Senin, tetapi Firli akan datang pada hari ini.

Baca Juga: Dipanggil Dewas KPK Hari Ini, Firli Bahuri Disebut Bakal Hadir Besok

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa Firli telah mengonfirmasi akan hadir memenuhi undangan Dewas KPK pada Selasa (14/10).

"Sesuai surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali, Senin.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x