Kompas TV nasional hukum

Kapolda Metro Jaya soal Pemeriksaan Firli Bahuri: Kita Lihat Saja Besok, Datang atau Tidak

Kompas.tv - 13 November 2023, 14:35 WIB
kapolda-metro-jaya-soal-pemeriksaan-firli-bahuri-kita-lihat-saja-besok-datang-atau-tidak
Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto saat memberikan keterangannya mengenai penanganan kasus KDRT viral di Mapolrestro Depok, Kamis (25/5/2023). Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto buka suara terkait agenda pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri besok. (Sumber: KOMPAS.com/M Chaerul Halim)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto buka suara terkait agenda pemeriksaan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL, Selasa (14/11/2023) besok.

Karyoto belum bisa memastikan apakah Firli Bahuri akan datang atau tidak dalam pemeriksaan tersebut. Ia pun mengatakan pihaknya akan menunggu kedatangan Ketua KPK tersebut. 

"Dasar panggilan kan besok, kita liat saja besok datang atau enggak," kata Irjen Karyoto kepada wartawan, Senin (13/11).

Sebagai informasi, Firli sedianya diperiksa untuk kedua kalinya pada Selasa (7/11) pekan lalu, namun, Firli tidak memnuhi panggilan pemeriksaan tersebut dengan alasan ada kegiatan di Aceh.

Penyidik kemudian menjadwalkan ulang pemeriksaan Firli pada Selasa besok (14/11).

Sementara itu, Firli Bahuri sendiri diketahui telah mengkonfirmasi akan menghadiri pemeriksaannya dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK soal dugaan pelanggaran etik di hari yang sama dengan jadwal pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Terkait hal ini Karyoto mengaku belum mengetahui terkait jadwal pemeriksaan Firli di Dewas tersebut. Namun ia menegaskan pemeriksaan Firli di Polda Metro Jaya masih dijadwalkan besok.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Kembali Panggil Firli Bahuri untuk Diperiksa terkait Dugaan Pemerasan ke SYL Besok

"Nanti saya tanya Dirkrimsus, sudah koordinasi belum dengan Dewas," ujar Karyoto.

"Kalau yang sudah betul-betul ter-issue dari Polda Metro untuk panggilan besok," ujarnya.

Di sisi lain, Dewan Pengawas (Dewas) KPK juga mengagendakan klarifikasi terhadap Firli terkait pertemuannya dengan SYL.

Awalnya, Dewas menjadwalkan pemeriksaan pada Selasa (14/11), kemudian dimajukan pada Senin (13/11) hari ini.

Namun Firli tidak menghadiri pemeriksaan hari ini, dan bakal memenuhi agenda klarifikasi pada Selasa (14/11) sesuai tanggal yang tertera pada surat resmi Dewas KPK.


"Sesuai surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali, Senin.

Juru bicara berlatar belakang jaksa ini menyebut Firli akan memenuhi panggilan Dewas besok, karena hari ini pensiunan jenderal polisi bintang tiga itu sudah ada agenda. 

Baca Juga: Dipanggil Dewas KPK Hari Ini, Firli Bahuri Disebut Bakal Hadir Besok




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x