Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Penuhi Kuota Caleg Perempuan, Ketua DPP: Bukti Kami Beri Peran Besar kepada Mereka

Kompas.tv - 10 November 2023, 21:20 WIB
pks-penuhi-kuota-caleg-perempuan-ketua-dpp-bukti-kami-beri-peran-besar-kepada-mereka
Ketua DPP PKS Kurniasih Mufidayati. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PKS Kurniasih Mufidayati bersyukur PKS menjadi satu-satunya partai yang memenuhi kuota 30 persen keterwakilan calon anggota legislatif (caleg) perempuan untuk DPR RI pada Pemilu 2024 di semua daerah pemilihan (dapil).

Kurniasih menyebut PKS sudah mempersiapkan secara matang keterwakilan perempuan dalam pesta demokrasi . 

Lalu, kata dia, dukungan besar dari pimpinan partai dan besarnya jumlah anggota perempuan PKS, menjadi modal besar bagi partainya dalam memenuhi kuota 30 persen keterwakilan caleg perempuan. 

Baca Juga: ICW: KPU Periode Ini Lindungi Caleg Mantan Terpidana Korupsi Maju Pemilu 2024

"Sebagai partai politik, PKS serius dalam menyiapkan kepemimpinan termasuk dalam hal ini kepemimpinan perempuan sebagai caleg," kata Kurniasih dalam keterangannya, Jumat (10/11/2023).

"Terima kasih kepada pimpinan partai dan perempuan PKS yang terus memberikan inspirasi dan dukungan agar PKS bisa memenuhi keterwakilan perempuan sebagaimana amanat undang-undang."

Ia menjelaskan, caleg perempuan PKS bisa dipenuhi dari proses kaderisasi dan keterbukaan partainya menerima para tokoh perempuan.

"Proses kaderisasi kepemimpinan bagi perempuan PKS yang terus berjalan bisa menghadirkan anggota yang siap berjuang." 

"Di sisi lain, kami juga bersyukur banyak tokoh perempuan dan masyarakat perempuan bergabung bersama PKS. Ini dukungan yang luar biasa kita terima," kata dia. 

Kurniasih mengatakan caleg-caleg perempuan PKS siap berjuang maksimal. 

Karena pemenuhan kuota 30 persen ini bukan sekadar pelengkap administratif atau untuk memenuhi undang-undang. Namun, sambungnya, mereka semuanya memiliki kapasitas dan kompetensi untuk menjadi calon wakil rakyat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x