Kompas TV nasional politik

Survei Populi Center Pasangan Prabowo-Gibran Paling Banyak Dipilih, Ini Faktor yang Mendukung

Kompas.tv - 10 November 2023, 00:25 WIB
survei-populi-center-pasangan-prabowo-gibran-paling-banyak-dipilih-ini-faktor-yang-mendukung
Bakal capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka, mengangkat tangan di depan para pendukung mereka sebelum mendaftarkan diri ke KPU, di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei terkait elektabilitas tiga kandidat Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024. 

Hasil survei yang dilakukan pada 29 Oktober hingga 5 November 2023 terhadap 1.200 responden ini menjabarkan pasangan Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 43,1 persen pemilih jika Pilpres dilaksanakan saat survei. 

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 23 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 22,3 persen. Adapun responden yang belum memutuskan sebesar 10 persen, dan yang menolak menjawab sebesar 1,6 persen.

Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1200 responden dengan metode acak bertingkat. Margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati menjelaskan jauhnya jarak hasil survei Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud perlu menjadi perhatian bagi partai pengusung dan pendukung Ganjar-Mahfud. 

Baca Juga: Hasil Survei Charta Politika Sebut Gibran Jadi Beban Elektabilitas Prabowo, Ini Tanggapan Ketua TKN

Sebab dalam survei ini pihaknya juga menanyakan akseptabilitas Capres-Cawapres dari beberapa kriteria kemapuan. 

Pertama kemampuan menjaga kestabilan kemanan, pesepsi masyarakat jatuh kepada Prabowo-Gibran dengan hasil 58,4 persen. Kemudian Ganjar-Mahfud dengan 16,3 persen dan Anies-Muhaimin 14,8 persen. 

Kriteria Capres-Cawapres yang mampu diterima golongan milenial atau Gen Z. Persepsi responden jatuh kepada Prabowo-Gibran 45,9 persen. Ganjar-Mahfud 23,3 persen sedangkan Anies-Muhaimin 21,2 persen. 

Kriteria ketiga, Populi Center menanyakan Capres-Cawapres mana yang mampu memerintah. Urutannya tidak berubah, yakni Prabowo-Gibran 45 persen, Ganjar-Mahfud 23,1 persen dan Anies-Muhaimin 21,3 persen. 

Kriteria keempat, Capres-Cawapres yang mampu memberantas korupsi, pilihan responden tetap memilih Prabowo-Gibran di urutan paling atas dengan perolehan 45 persen, Ganjar-Mahfud 25 persen, dan Anies-Muhaimin 18,3 persen. 

Baca Juga: Simulasi Head to Head Pilpres Survei Charta Politika: Prabowo-Gibran 43,5 Persen, Ganjar-Mahfud 40,6

Selanjutnya Capres-Cawapres yang mampu memajukan perekonomian, Prabowo-Gibran mendapat 38,0 persen, Ganjar-Mahfud 24,3 persen dan Anies-Muhaimin 20,8 persen. 

Capres-Cawapres yang mampu menyelesaikan proyek Ibu Kota Nusantara, mampu menjaga toleransi, mampu menciptakan lapangan pekerjaan, menurunkan tingkat kemiskinan hingga mampu mengendalikan harga lagi-lagi responden percaya kepada pasangan Prabowo Gibran.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x