Kompas TV nasional peristiwa

1.853.617 Pelamar CPNS-PPPK 2023 Mulai Ujian Hari Ini, Simak Link Live Score SKD-Seleksi Kompetensi

Kompas.tv - 9 November 2023, 12:31 WIB
1-853-617-pelamar-cpns-pppk-2023-mulai-ujian-hari-ini-simak-link-live-score-skd-seleksi-kompetensi
Ilustrasi ujian CPNS-PPPK 2023. Berikut link live score atau nilai SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023 di setiap titik lokasi tes instansi (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan 1.853.617 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) mulai menjalani ujian seleksi hari ini, Kamis (9/11/2023).

Setelah tahap seleksi administrasi berakhir, terhitung 725.589 pelamar CPNS lanjut ke tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) dan 1.128.028 pelamar PPPK lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023 memastikan pihaknya telah meningkatkan aspek keamanan demi kenyamanan seluruh peserta seleksi.

Baca Juga: Cara Cek Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Ini Link Instansi yang Sudah Umumkan Tanggal Ujian

Dalam hal ini, BKN bekerja sam dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi untuk mengawal keamanan pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi, khususnya dari aspek teknologi informasi.

"Selain itu, sebagai antisipasi terhadap oknum yang tidak diinginkan, BKN juga sudah meningkatkan seluruh aspek keamanannya,” ujar Haryomo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11).

Terkait itu, Haryomo juga tetap mengimbau para pelamar seleksi agar tidak sekali-kali berkompromi apalagi bertransaksi dengan oknum yang mengklaim bisa meluluskan pelamar tanpa tahapan seleksi.

“Tindakan oknum dapat dicegah selama pelamar tidak tergiur tawaran oknum termasuk yang mengatasnamakan instansi pemerintah tertentu dengan syarat sejumlah uang. Budaya buruk seperti ini dapat dicegah mulai dari masing-masing pelamar,” ujarnya.

Baca Juga: BKN Benarkan Tak Ada Sesi dan Tanggal SKD di Kartu Ujian CPNS 2023, Ini Cara Ceknya Tiap Instansi

Diketahui, tahapan pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023 akan dilaksanakan dengan berbasis Computer Assisted Test atau CAT BKN di 304 titik lokasi (Tilok) dalam negeri dan 62 Tilok luar negeri.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas, pelaksanaan SKD bagi pelamar CPNS akan berlangsung hingga 18 November 2023. Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK hingga 4 Desember 2023 mendatang.

Pelaksanaan ujian dengan metode CAT BKN akan memungkinkan masyarakat umum dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian selama pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi sebagai bentuk keterbukaan informasi publik BKN.

Baca Juga: Cek Berapa Nilai Passing Grade SKD CPNS 2023 untuk Pelamar Umum dan Khusus di Sini!

Dengan begitu masyarakat luas dapat menyaksikan nilai peserta yang sedang mengikuti ujian secara langsung.

Berikut link live score ujian CPNS dan PPPK 2023 di berbagai instansi di YouTube Official CAT BKN.

Anda bisa memantau nilai SKD atau Seleksi Kompetensi saingan Anda dengan memilih titik lokasi yang sudah ditentukan instansi.

Link live streaming skor ujian SKD dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x