Kompas TV nasional rumah pemilu

Resmi, Golkar Usung Gibran jadi Bakal Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 11:44 WIB
resmi-golkar-usung-gibran-jadi-bakal-cawapres-prabowo-di-pilpres-2024
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Golongan Karya (Golkar) resmi mengusung Wali Kota Solo/Surakarta Gibran Rakabuming sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar pada Sabtu (21/10/2023).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo, dan ini untuk dibawa Pak Prabowo dalam pertemuan forum ketua umum partai," kata Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga mengungkapkan, keputusan tersebut dirapatkan pihaknya bersama para ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar dari berbagai daerah pada Jumat (20/10/2023).

"Berdasarkan hasil pertemuan para ketua DPD tadi malam, pak (Prabowo -red), kami rapat cukup lama, cukup hangat, tapi semuanya konsensus mengusulkan, saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal cawapres Republik Indonesia. Apakah setuju?" tanya Airlangga kepada para Ketua DPD Partai Golkar dari berbagai daerah yang hadir di Rakernas.

Baca Juga: Ketua DPD Golkar Jabar soal Gibran Cawapres Prabowo: Kami Harap Pemimpin Muda

"Setuju!" jawab riuh para peserta Rakernas Kedua Partai Golkar itu.

Airlangga pun mengabsen satu per satu para ketua DPD Partai Golkar yang hadir, di antaranya Aceh, Papua, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan.

"Pak prabowo semua setuju!" kata Airlangga, dilanjutkan dengan pemukulan palu.

"Alhamdulillah," kata Airlangga usai mengetok palu, tanda partainya sepakat mengusung Prabowo-Gibran sebagai pasangan bakal capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily memberikan bocoran tentang rencana pengusulan dan penetapan Gibran sebagai bacawapres Prabowo dalam Rapimnas ini.

Baca Juga: Rapimnas Golkar Dihadiri Prabowo, Tetapkan Bakal Cawapres Hari Ini

"Kisi-kisinya sudah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Bapak Airlangga Hartarto," kata Tubagus di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

"Mudah-mudahan kami konsisten untuk mendukung anak muda mendampingi Pak Prabowo," kata Ketua Pengurus Golkar Institute itu.

Saat ditanya apakah Gibran akan datang ke Rapimnas Golkar dan diusulkan sebagai cawapres Prabowo, Tubagus enggan menjawab dengan tegas.

"Insyaallah, insyaallah, kami tentu berharap Pak Prabowo sebagai pemimpin senior akan didampingi oleh pemimpin muda, gitu ya," kata Tubagus.

"Saya tidak bisa mendahului keputusan Rapimnas, karena nanti Ketum Golkar akan mengumumkan," tegasnya.

Rapimnas Golkar yang semula dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu (21/10/2023) pukul 10.00 WIB baru dimulai sekitar pukul 10.40 WIB.


Bacapres Prabowo Subianto tampak menghadiri Rapimnas Golkar siang ini. Ia duduk di sofa tepat di samping Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu, sejumlah tokoh Partai Golkar tampak menghadiri acara Rapimnas ini, di antaranya Aburizal Bakrie, Agung Laksono, Akbar Tanjung, serta Ridwan Kamil.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x