Kompas TV nasional peristiwa

Makna Kemeja Hitam-Putih saat Ganjar Mahfud Daftar ke KPU: Tidak Pernah Abu-abu hingga Pesan Tuhan

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 10:13 WIB
makna-kemeja-hitam-putih-saat-ganjar-mahfud-daftar-ke-kpu-tidak-pernah-abu-abu-hingga-pesan-tuhan
Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD menunjukkan kemeja Putih yang dipakainya saat ingin mendaftar ke KPU di Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023). Kemeja Putih yang dipakai Mahfud menyiratkan pesan lima tahun lalu saat dirinya batal menjadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan bakal Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024. 

Keduanya memilih pakaian yang tidak seragam. Ganjar memilih pakaian bernuansa hitam, mulai dari kemeja lengan panjang, ikat pinggang, celana panjang hingga sepatu menggunakan warna hitam.

Sedangkan Mahfud memilih kombinasi hitam dan putih. Kemeja lengan panjang putih dikombinasikan dengan celana panjang dan peci hitam.

Baik Ganjar maupun Mahfud memberikan arti dari pakaian yang dikenakannya. 

Ganjar usai pendaftaran menjelaskan pemilihan warna hitam untuk pakaian yang dikenakannya dan putih untuk kemeja yang dipakai Mahfud menandakan sebuah ketegasan. 

Baca Juga: Kelakar Mahfud MD: Saya Pakai Baju Putih yang 5 Tahun Lalu Saya Siapkan untuk Daftar ke KPU

"(baju berbeda) Iya hitam dan putih tidak pernah abu-abu," ujar Ganjar di gedung KPU, Kamis (19/10/2023).

Sedangkan Mahfud juga punya alasan sendiri untuk memilih warna kemeja putih. Pemilihan kemeja putih ini menyiratkan peristiwa lima tahun lalu menjelang pendaftaran Capres-Cawapres untuk Pilpres 2019. 

Kala Mahfud sudah siap dengan pakaian kemeja putih untuk dideklarasikan sebagai Cawapres Joko Widodo.

Namun di menit-menit akhir, Mahfud batal jadi Cawapres Jokowi. Jabatan Cawapres yang ingin ditempati Mahfud diberikan kepada Ma'ruf Amin.

"Hari ini saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU," ujar Mahfud sembari tersenyum-senyum.

Baca Juga: Anies Baswedan Ungkap Alasan Kenakan Baju Putih saat Daftar ke KPU

Sontak pernyataan mengelitik Mahfud yang mengingatkan peristiwa lima tahun lalu itu membuat Ganjar dan perwakilan partai pendukung, tertawa sembari bertepuk tangan serta bersorak-sorai. 

"Ini dulu tidak jadi dipakai meski sudah jadi, tapi ternyata ada pesan Tuhan di baju ini, ditunda dulu untuk dipakai ke KPU dan hari ini bisa untuk mendaftar," ujar Mahfud disambut tepuk tangan para pendukung yang hadir  di Tugu Proklamasi sebelum berangkat ke KPU.

KPU menyatakan dokumen pendaftaran pasangan Ganjar Mahfud dinyatakan lengkap. 

Setelah ini Paslon presiden dan wakil presiden dari partai gabungan PDIP, PPP, Partai Hanura dan Pertai Perindo ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang difasilitasi KPU RI di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (22/10/2023).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x