Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Sambut Baik Usulan Gibran Jadi Bakal Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 15:23 WIB
pan-sambut-baik-usulan-gibran-jadi-bakal-cawapres-prabowo-di-pilpres-2024
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyambut baik usulan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Menurut dia, dengan prestasi Gibran yang menonjol, sehingga wajar bila putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diusulkan menjadi calon pendamping Prabowo. 

Ia menyebut, jajaran partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM) terbuka untuk menerima usulan ihwal calon pendamping Prabowo. 

Baca Juga: Nama Gibran Terus Disebut Jadi Bakal Cawapres Prabowo, Dasco Sebut Aspirasi Cabang

Adapun KIM saat ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda dan Partai Gelora. 

“Soal (bakal) cawapres, KIM terbuka siapapun nama yang akan diusulkan mendampingi Pak Prabowo. Secara formal Golkar dukung Airlangga, PAN dukung Mas Erick, PBB dukung Mas Yusril, Partai Demokrat dukung Mas AHY, dan beberapa parpol koalisi yang lain," kata Viva Yoga kepada wartawan, Senin (9/10/2023) 

"Jadi dukungan terhadap kader itu wajar, dan tidak ada yang salah, begitu juga Mas Gibran kalau ada yang mengusulkan itu wajar tidak ada yang salah,” sambungnya.

Meski begitu, lanjut Viva, KIM bakal memutuskan pendamping Prabowo secara musyawarah. 

Hal ini tentu dengan melewati berbagai pertimbangan nantinya terhadap sejumlah nama tokoh yang diusulkan. 

“Tapi, sekali lagi semuanya akan diputuskan secara kolektif kolegial musyawarah mufakat,” kata Viva. 

Viva menjelaskan, alasan partainya mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal cawapres Prabowo. 

Menurut PAN, dari sisi elektabilitas, sejumlah lembaga survei menyebut Erick adalah yang tertinggi elektabilitasnya dari sejumlah nama yang diusulkan. 

“Karena konfigurasi politik saat ini nilai elektabilitas capres beda-beda tipis maka cawapres sangat penting untuk memberikan kontribusi elektoral kepada pasangannya," katanya. 

"Dan, Mas Erick itu nilai elektabilitasnya juara, paling tinggi, kalau digabungkan dengan Pak Prabowo, saya rasa akan menambah nilai elektoral,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya mempertimbangkan nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Ia menjelaskan, pertimbangan itu setelah dalam Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) DPC Tangerang Selatan muncul nama Gibran sebagai calon pendamping Prabowo. 

Baca Juga: Gibran Masih Enggan Tanggapi Soal Samawi Usulkan Namanya jadi Bacawapres Prabowo

"Yang disampaikan oleh Ketua DPC adalah hasil resmi dari Rakorcab Kota Tangsel, dan kami pikir itu adalah aspirasi dari cabang yang nanti menjadi salah satu pertimbangan dari capres Partai Gerindra juga untuk menentukan cawapres," kata Dasco kepada wartawan, Minggu (8/10/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x