Kompas TV nasional peristiwa

Respons Jokowi Soal Mentan Syahrul Yasin Limpo yang akan Menghadap ke Istana dan Isu Reshuffle

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 13:00 WIB
respons-jokowi-soal-mentan-syahrul-yasin-limpo-yang-akan-menghadap-ke-istana-dan-isu-reshuffle
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat ditemui usai menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di Monas, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons soal Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang sudah tiba di Indonesia pada Rabu (4/10/2023) malam usai dikabarkan menghilang saat dinas ke luar negeri.

Jokowi mengatakan bahwa dia sudah diberitahu oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bahwa Syahrul Yasin Limpo sudah tiba di Indonesia kemarin.

“Ya, saya sudah diberitahu tadi pagi (Syahrul tiba di Indonesia), dari Mensesneg,” kata Jokowi usai menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10).

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Kembali Ngantor Setelah Sempat Dikabarkan Hilang

Ditanya soal rencana Syahrul yang dikabarkan akan menghadap dirinya di Istana, Kepala Negara mengaku belum tahu. 

Jokowi meminta awak media untuk menanyakan ke Mensesneg. Sebab, dia sendiri belum mengetahui jika hari ini Mentan Syahrul yang terseret kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian hendak menghadap.

“Ndak tahu, belum tahu. Tanya ke Mensesneg, apakah sudah diatur jamnya, untuk saya belum,” ucap dia, dipantau dari Breaking News KompasTV.

Disinggung soal isu reshuffle kabinet yang belakangan ini menyeruak dan isu Mentan Syahrul Yasin Limpo mundur, Jokowi enggan bicara panjang.

“Jangan berandai-andai dong,” ujar Jokowi.


 

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Syahrul dikabarkan terjerat kasus dugan korupsi di Kementerian Pertanian yang saat ini tengah ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Belum lama ini, mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu dikabarkan hilang kontak saat berangkat ke Italia bersama delegasi Kementan pada 24 September 223 lalu.

Ia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu (30/9), tetapi Kementan sempat hilang kontak.

Rabu (4/10) petang, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melaporkan bahwa Syahrul sudah terdeteksi masuk ke imigrasi Indonesia.

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Siapkan Tim Hukum Gabungan Hadapi KPK

Kuasa hukum Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah mengatakan bahwa kliennya akan menghadap ke Jokowi hari ini di Istana. Hal ini disampaikan usai Febri berdiskusi dengan kliennya di Kantor DPP NasDem.

“Saya diminta menyampaikan bahwa besok (Kamis), Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden,” ujar Febri Diansyah kepada awak media.

Sayangnya, Febri tidak menjelaskan tujuan Syahrul menghadap Jokowi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x