Kompas TV nasional hukum

Mentan Syahrul Yasin Limpo Siapkan Tim Hukum Gabungan Hadapi KPK

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 08:28 WIB
mentan-syahrul-yasin-limpo-siapkan-tim-hukum-gabungan-hadapi-kpk
Febri Diansyah, mewakili tim kuasa hukum Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut kliennya akan menghadap Presiden Jokowi pada Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkap layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa Hukum Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah, mengatakan kliennya menyiapkan tim gabungan untuk mendampingi dalam perkara hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," kata Febri Diansyah di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Kamis dini hari (5/10/2023). 

Hal itu disampaikan Febri setelah bertemu Menteri Pertanian dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Baca Juga: Nasdem Sindir Menko Polhukam Sebut Mentan sudah Tersangka: Kaget, Mahfud MD Tiba-tiba Jadi Jubir KPK

Febri menjelaskan, pendampingan hukum itu dalam bentuk tim gabungan. Tim tersebut akan bekerja untuk memastikan proses penyidikan berjalan sesuai prosedur, dan segala hak yang diatur secara hukum dipenuhi.

"Tim hukum ini akan mendampingi dalam proses hukum yang berjalan, mulai hari ini dan ke depan di tahap penyidikan," ucapnya.

Terkait berapa jumlah pengacara yang bergabung dalam tim itu, Febri belum dapat memastikannya. Menurut dia, tim hukum gabungan akan fokus pada substansi hukum saja.

Lebih lanjut, Febri mengatakan bahwa kliennya akan menghadapi proses hukum itu. Ia memastikan Syahrul bakal kooperatif menjalankan proses hukum yang sedang berjalan di KPK.


 

"Mentan memastikan bahwa perjalanan ke luar negeri adalah perjalanan dalam melakukan tugas. Jadi ada rangkaian tugas yang sudah dilakukan di beberapa hari tersebut," katanya, dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV

Baca Juga: Sudah Tiba di Tanah Air, KPK Pastikan Tak akan Jemput Mentan Syahrul Yasin Limpo

Diketahui, Syahrul Yasin Limpo merupakan Ketua DPP Partai NasDem yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian. 

Saat ini, Syahrul terjerat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Beberapa waktu lalu, Syahrul dikabarkan hilang kontak saat berangkat ke Italia bersama delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) pada 24 September 2023.

Namun, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyebut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu (4/10) petang.

"Sudah masuk Imigrasi Indonesia (pukul) 18.41 WIB," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim.

Baca Juga: Hari Ini Surya Paloh Akan Sampaikan Sikap Resmi Nasdem soal Syahrul Yasin Limpo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x