Kompas TV nasional politik

Hari Ini Surya Paloh Akan Sampaikan Sikap Resmi Nasdem soal Syahrul Yasin Limpo

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 07:29 WIB
hari-ini-surya-paloh-akan-sampaikan-sikap-resmi-nasdem-soal-syahrul-yasin-limpo
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memimpin apel siaga Baret Garda Pemuda Nasdem di Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni mengatakan ketua umumnya, Surya Paloh akan menyampaikan sikap resmi ihwal kasus yang menimpa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada hari ini. 

Namun, ia belum bisa memastikan waktu konferensi pers tersebut. 

"Ketum bilang, besok (Kamis, 5/10) akan disampaikan secara langsung. Tapi belum tahu jam berapa," kata Sahroni di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis (5/10/2023). 

Baca Juga: Mentan Syahrul Dikabarkan Langsung Temui Surya Paloh Setibanya di Indonesia, Begini Situasinya

Sebelumnya KPK tengah melakukan penyidikan dalam kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Seiring dengan penyidikan kasus tersebut, lembaga antirasuah itu pun telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Kamis (28/9/2023) lalu.

Dari penggeledahan tersebut, penyidik KPK menemukan uang puluhan miliar rupiah serta 12 pucuk senjata api.

Tak sampai di situ, penyidik juga kembali menggeledah rumah pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari ini Rabu (4/10).

Usai penggeledahan di rumah Syahrul di Makassar tersebut, tampak penyidik KPK membawa satu buah koper serat fiber berwarna coklat berukuran 24 inci yang berisi barang yang disita. 

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Menghadap Presiden Jokowi Hari Ini

Selain itu, KPK juga membawa satu unit mobil Audi bernomor polisi DD 57 US dari kediaman Syahrul.

Diketahui, Syahrul Yasin Limpo berangkat ke Italia pada 22 September 2023. Ia tergabung bersama 22 Delegasi Kementerian Pertanian (Kementan).

Syahrul meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada 24 September 2023 ke Doha, Qatar, dalam rangka transit sebelum menuju Roma, Italia.

Mentan awalnya dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Sabtu (30/9/2023), meski demikian Kementerian Pertanian sempat kehilangan kontak dengan Syahrul Yasin Limpo hingga yang bersangkutan dikabarkan tiba di Jakarta sore.


Sementara itu, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Silmy Karim menyebut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang.

"Sudah masuk Imigrasi Indonesia pukul 18.41 WIB," kata Silmy.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x