Kompas TV nasional peristiwa

5 Fakta Kebakaran Museum Nasional: Kronologi, Penyebab Sementara, 4 Ruangan Hangus

Kompas.tv - 17 September 2023, 09:28 WIB
5-fakta-kebakaran-museum-nasional-kronologi-penyebab-sementara-4-ruangan-hangus
Bagian belakang bangunan Museum Nasional atau Museum Gajah tampak ambruk akibat kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam. (Sumber: KOMPAS.com/TRIA SUTRISNA)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah di Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023). Simak fakta-faktanya, meliputi kronologi hingga penyebab kebakaran Museum Nasional.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Atap dan tembok bagian belakang salah satu bangunan Museum Nasional pun hangus terbakar dan ambruk.

Baca Juga: Museum Nasional Kebakaran, Nadiem Makarim Prioritaskan Keselamatan Benda-Benda Sejarah

Fakta-Fakta Kebakaran Museum Nasional

1. Penyebab Sementara

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan bahwa penyebab sementara kebakaran Museum Nasional ini diduga karena adanya korsleting listrik.

Korsleting listrik ini terjadi di area bedeng tukang yang tengah merenovasi Gedung Blok C Museum Nasional. Akibatnya, api memantik dan menyebabkan kebakaran.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril, Sabtu malam, dikutip Antara.

Baca Juga: Sejarah Museum Indonesia yang Kebakaran, Berdiri sejak 1778, Ada 140.000 Koleksi Bersejarah

2. Kronologi Kebakaran Museum Nasional

Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat melaporkan bahwa kebakaran ini terjadi ketika petugas keamanan atau sekuriti tengah melaksanakan apel. Saat itu, pukul 19.58 WIB terdengar ledakan dari arah bedeng proyek renovasi museum.

Alarm kebakaran pun berbunyi, tetapi api sudah membesar. Angin kencang membuat api lebih cepat merembet.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) pun didatangkan. Damkar Jakarta Pusat mengirimkan 52 petugas untuk memadamkan si jago merah yang mengamuk melahap ruangan di Gedung A Museum Nasional.

Asril mengatakan bahwa bangunan yang terbakar merupakan lokasi pameran koleksi dari Museum Nasional. Dia memastikan, gedung utama museum aman.

“Jadi, yang terbakar itu Gedung A. Kalau gedung intinya aman, hanya bagian belakang saja, gedung pameran,” jelas Asril.

Berkat gerak cepat dari tim damkar, pukul 22.15 WIB, api berhasil dipadamkan.

3. Ruangan yang Hangus




Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x