Kompas TV nasional politik

Anies Tak Dapat Dukungan dari Partai Buruh, Sudirman Said: Prioritas Kita Memenuhi Syarat di KPU

Kompas.tv - 16 September 2023, 15:38 WIB
anies-tak-dapat-dukungan-dari-partai-buruh-sudirman-said-prioritas-kita-memenuhi-syarat-di-kpu
Sudirman Said dalam Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu (1/2/2023). Ia mengatakan kubu Anies Baswedan tidak ambil pusing dengan sikap Partai Buruh mengeliminasi nama Anies sebagai bakal Capres yang akan didukung. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kubu Anies Baswedan tidak ambil pusing dengan sikap Partai Buruh mengeliminasi nama Anies sebagai bakal Capres yang akan didukung. 

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said menilai sejauh ini dampak kerugian ataupun keuntungan dari sikap Partai Buruh tersebut belum dirasakan oleh pihaknya. 

Sudirman menjelakan saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan partai-partai di parlemen untuk membangun kerja sama mencalonkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024.

Sebab, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, partai-partai politik di parlemen yang memiliki kewenangan mengusung calon presiden dan wakil presiden.

"Prioritas yang kita tuju memang adalah yang memenuhi syarat di KPU, yaitu partai-partai yang memiliki kursi di parlemen kan. Nanti belakangan insya Allah kalau partai-partai lain ingin mendukung, kita terbuka," ujarnya di Sekretariat Perubahan, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga: Momen Anies Baswedan Dipuji Veronica Tan di Acara Silaturahmi Masyarakat Tionghoa

Lebih lanjut Sudirman membantah telah mengobok-obok serikat buruh untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres. 

Menurutnya dukungan dari serikat buruh terhadap Anies Baswedan semata-mata didasari pimpinan di serikat buruh cocok dengan agenda perubahan yang diusung Anies.

Kalaupun ada dukungan dari buruh atau serikat buruh, pihaknya hanya sebagai undangan atas deklarasi tersebut. 

"Satu ketika mereka berkumpul dan menyebut Anies sebagai salah satu kandidat, tapi tidak pernah ada komunikasi resmi untuk memberikan dukungan kepada pak Anies," ujar Sudirman.

"Jadi kami itu datang ke berbagai deklarasi itu karena diundang, tidak ada usaha atau niat untuk mengganggu soliditas dari teman-teman buruh. Dan Mas Said Iqbal, pimpinan Partai Buruh, kita hormati," imbuhnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x