Kompas TV nasional humaniora

Kawasan Wisata Bromo Ditutup, Khofifah: Wisatawan Masih Bisa LIhat Pemandangan dari Seruni Point

Kompas.tv - 11 September 2023, 10:59 WIB
kawasan-wisata-bromo-ditutup-khofifah-wisatawan-masih-bisa-lihat-pemandangan-dari-seruni-point
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau upaya pemadaman kebakaran lahan di sabana Bromo, Sabtu (9/9/2023). Khofifah mengatakan wistawan masih bisa menikmati pemandangan Bromo dari Seruni Point. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seluruh objek wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ditutup mulai 10 September 2023 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Namun, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, wisatawan masih bisa menikmati keindahan pemandangan dari titik Seruni Point.

Seruni Point merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya matahari pagi di kawasan TBTS. Puncak Seruni Point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Khofifah menyampaikan, penutupan itu dilakukan demi keamanan dan keselamatan wisatawan. Serta agar upaya pemadaman kebakaran lahan bisa maksimal.

"Saya meminta wisatawan untuk bersabar. Sebelum semua api padam dan dipastikan tidak ada lagi asap yang tersisa, maka lokasi wisata Bromo masih ditutup sebagian untuk sementara waktu," kata Khofifah di Probolinggo, Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: Usai Minta Keterangan Sopir Jeep, Begini Proses Hukum Kebakaran di Bromo Akibat Flare Prewedding

"Kendati demikian, wisatawan dapat menikmati indahnya Bromo dan matahari terbit dari Seruni Point. Kalau sudah selesai dan aman semua maka insya Allah Balai Besar TNBTS akan berkoordinasi dengan PHRI Bromo untuk membuka kembali wisata di Bromo," tambahnya seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Hendro Widjanarko mengatakan, bahwa untuk spot wisata yang dikelola oleh TNBTS ditutup untuk sementara di antaranya Penanjakan, Bukit Teletubies, dan Pasir Berbisik.

"Namun beberapa spot wisata yang dikelola warga seperti Sunrise View masih bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kemudian view di kantor kami juga cukup bagus dan wisatawan bisa melihat view Gunung Bromo dari kantor kami," ujarnya.

Pada Sabtu (9/9/2023) lalu, Khofifah bersama pejabat terkait memantau langsung upaya pemadaman kebakaran sabana Bromo. Mantan Menteri Sosial itu memastikan bahwa helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera dikerahkan untuk water bombing dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah provinsi setempat.

Baca Juga: Waspada Karhutla, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Mulai Hari Ini 9 September 2023

"Saya telah bertemu dan kordinasi langsung dengan Kepala BNPB untuk menambah armada helikopter untuk melakukan water bombing," terangnya.

Awalnya, Khofifah didampingi Kepala Dinas Kehutanan Jatim dan Kepala Pelaksana BPBD Jatim memantau karhutla lewat udara dengan menggunakan helikopter dengan titik awal pengamatan di Gunung Arjuna serta Gunung Welirang, yang masih ditemukan titik asap yang muncul di Curah Kluntung Kota Batu.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x