Kompas TV nasional rumah pemilu

Gaduh Partai Politik Ditelikung, Puan Maharani Yakin Koalisi PPP dan PDIP Teguh

Kompas.tv - 3 September 2023, 10:30 WIB
gaduh-partai-politik-ditelikung-puan-maharani-yakin-koalisi-ppp-dan-pdip-teguh
Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menanggapi soal deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Sabtu (3/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani mengaku yakin koalisi partainya dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) teguh.

Pernyataan tersebut menanggapi tentang dinamika politik nasional yang terjadi belakangan ini. 

"Kami meyakini bahwa PPP masih teguh bersama, menjalin kerja sama dengan PDI Perjuangan," kata Puan di Benteng Vastenberg Solo, Sabtu (2/9/2023) malam.

Akan tetapi, Puan tak menampik bahwa ada banyak kemungkinan dalam dinamika politik jelang pendaftaran bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres).

"Kami juga menyadari dinamika politik bisa saja kemudian terjadi perubahan. Namun sampai hari ini, PPP akan tetap bersama PDI-Perjuangan," tegas Puan dilansir dari Kompas.com.

Sebelumnya, politik nasional jelang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 gaduh usai mencuat deklarasi pasangan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Respons Puan Maharani soal Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin: Ya Udah, Mau Diapain Lagi

Anies merupakan bacapres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mulanya terdiri dari Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat. Namun, Demokrat tegas membatalkan dukungan karena memilih Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bacawapres bagi Anies.


Pasalnya, selama ini Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang akan menjadi bacawapres pendamping Anies. Sedangkan Cak Imin menjadi bacawapres dari Prabowo Subianto, Ketum Partai Gerindra.

PKB dan Cak Imin sebelumnya merupakan bagian dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang kini berubah nama menjadi Koalisi Indonesia Maju. Akan tetapi, pada Sabtu (2/9/2023) PKB dan Cak Imin dengan gamblang siap mendukung Anies sebagai bacapres.

Atas peristiwa tersebut, Partai Demokrat lantas mencabut dukungan terhadap bacapres Anies Baswedan.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x