Kompas TV nasional peristiwa

SBY Resmikan Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan: Kita Bisa Belajar dari Masa Lalu

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 12:00 WIB
sby-resmikan-museum-dan-galeri-sby-ani-di-pacitan-kita-bisa-belajar-dari-masa-lalu
Presiden ke-6 Republik Indonesia sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meresmikan gedung Museum dan Galeri SBY-Ani di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Kompas.com/Slamet Widodo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

PACITAN, KOMPAS.TV - Museum dan Galeri SBY-ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, telah diresmikan pada Kamis (17/8/2023) malam.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan museum dan galeri tersebut tidak hanya berisi benda kenangan, tetapi bisa menjadi gerbang multidimensi untuk belajar dari masa lalu untuk membangun masa depan.

"Alhamdulillah Museum dan Galeri SBY-ANI resmi dibuka. Bukan hanya berisi benda kenangan saja tetapi bisa menjadi gerbang multidimensi,” kata SBY saat menyampaikan sambutan dalam acara peresmian.

“Artinya, kita bisa belajar dari masa lalu, hidup untuk sekarang dan membangun untuk masa depan dengan harapan Learn from yesterday, life for today and hope for tomorow," imbuhnya.

Sejumlah menteri di era kepemimpinan SBY hadir dalam peresmian tersebut. Tampak juga bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di gedung Museum dan Galeri SBY-Ani yang terletak di Jalan Lintas Selatan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, tamu undangan mulai mendatangi lokasi sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: SBY Pilih Ikut Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Pacitan, Sudah Tiga Kali Absen Hadir di Istana

SBY bersama rombongan bergabung dengan para tamu undangan di halaman gedung Museum dan Galeri SBY-Ani sekitar pukul 20.00 WIB,

Dalam sambutannya, SBY juga menjelaskan alasan peresmian gedung Museum dan Galeri SBY-Ani dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

Menurutnya, 17 Agustus dipilih karena tanggal tersebut merupakan hari yang sakral. Hari tersebut juga dinilai memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x