Kompas TV nasional hukum

Polri Sebut Punya Data DPO KPK Harun Masiku Ada di Dalam Negeri, Bantah Rumor Keluar Masuk Indonesia

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 17:58 WIB
polri-sebut-punya-data-dpo-kpk-harun-masiku-ada-di-dalam-negeri-bantah-rumor-keluar-masuk-indonesia
Foto daftar pencarian orang Harun Masiku di webside KPK. Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menyebut punya data DPO KPK Harun Masiku ternyata masih berada di dalam negeri, (Sumber: KPK.go.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menyambangi KPK untuk membahas penanganan hukum, termasuk membahas buronan lembaga antirasuah yang kabur ke luar negeri.

Salah satunya yakni Harun Masiku, tersangka kasus suap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. 

Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti menyatakan Polri tak berhenti membantu KPK untuk mencari para buronan korupsi yang diduga melarikan diri ke luar negeri. Semisal nama Harun Masiku yang masuk daftar pencarian orang (DPO) KPK.

Menurut Krishna nama DPO KPK tersebut memang sempat ke luar negeri, namun dari data yang tercatat Caleg PDIP 2019 itu terdeteksi kembali ke Indonesia. Namun Irjen Krishna tidak menjelaskan kapan Harun kembali ke dalam negeri.

"Bukan keluar-masuk, pernah keluar dan langsung kembali. Bukan keluar-masuk. Sehari setelah dia (Harun Masiku) keluar, dia balik lagi," ujar Irjen Krishna usai pertemuan di gedung KPK, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: 3 Tahun Jadi Buron KPK, di Mana Keberadaan Harun Masiku?

Lebih lanjut mantan Dirreskrimum Polda Metro Jaya itu menilai dari data yang dimilikinya, ada kemungkinan Harun bersembunyi di dalam negeri. 

Ia tak yakin keberadaan Harun Masiku seperti rumor yang selama ini beredar, yakni bersembunyi di luar negeri. Irjen Krishna juga membantah pola pelarian Harun keluar-masuk melintasi perbatasan wilayah.

Meski menduga Harun ada di dalam negeri, Krishna Murti menegaskan, Polri tidak akan berhenti mencari dan menindaklanjuti informasi keberadaan Harun di luar negeri.

"Jadi setelah dia keluar, dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," ujar Krishna, dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x