Kompas TV video vod

3 Tahun Jadi Buron KPK, di Mana Keberadaan Harun Masiku?

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 17:08 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah 3 tahun dinyatakan buron, Kadiv Hub-Inter Polri Irjen Khrisna Murti menyebut buron KPK, tersangka dugaan suap Harun Masiku terdeteksi berada di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kadiv Hub-Inter Polri Irjen Khrisna Murti usai bertemu pimpinan KPK di gedung merah putih KPK.

Menurut Khrisna Murti ada data perlintasan yang menunjukan buron Harun Masiku berada di dalam negeri, setelah sebelumnya sempat berada di luar negeri.

Meski disebut berada di dalam negeri, namun Polri tak menghentikan pencarian terhadap harun masiku di luar negeri.

Sementara Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut saat ini tengah memperkuat kerja sama dengan divisi hubungan internasional Polri, untuk melakukan pencarian terhadap beberapa buron KPK, termasuk penanganan terhadap kejahatan trans nasional.

Menanggapi terdeteksinya buron harun amsiku di Indonesia, Peneliti Indonesia Corruption Watch menyebut ini jadi bentuk ketidakseriusan KPK untuk menangkap dan memproses Harun Masiku.

Terlebih menurut ICW Harun Masiku telah 3 tahun lamanya buron, sejak ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap komisioner KPU pada Januari 2020.

Diketahui sebelumnya, buron KPK Harun Masiku tertangkap CCTV Bandara Soekarno-Hatta pada 7 Januari 2020 lalu.

Harun diketahui tiba di Bandara Soetta pada 7 Januari 2020 lalu setelah sebelumnya sempat terbang ke Singapura pada 6 Januari 2020 lalu.

Baca Juga: KPK Kirim Tim ke Negara Tetangga untuk Tangkap Harun Masiku, Hasilnya Masih Nihil

#harunmasiku #buronkpk #kpk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x