Kompas TV nasional peristiwa

Seruan Jokowi untuk Peserta LPDP Laiknya Semboyan: Usai Studi Pulang, Pulang, Pulang!

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 13:19 WIB
seruan-jokowi-untuk-peserta-lpdp-laiknya-semboyan-usai-studi-pulang-pulang-pulang
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberikan ceramah di acara LPDP Fest di Jakarta, Kamis (3/8/2023). (Sumber: Siaran LPDP)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerukan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk pulang dan berkontribusi untuk Indonesia, Kamis (3/8/2023).

Tidak tanggung-tanggung, Jokowi menyerukan kata "pulang" sebanyak tiga kali yang menjadi penegasan terhadap para penerima beasiswa di luar negeri tersebut.

Hal serupa pernah Kepala Negara ucapkan ketika awal menjabat sebagai presiden.

Baca Juga: Jokowi ke Alumni LPDP: Meski Gaji di sini Lebih Sedikit, Fasilitas Kurang, Tetap Pulang

Saat itu Jokowi menyerukan semboyan "Kerja Kerja Kerja!" untuk melaksanakan langkah-langkah strategis dengan agenda utama reformasi ekonomi, konektivitas antar wilayah, dan produktivitas.

"Pulang, pulang, pulang ke Indonesia, setelah pulang atau studi berkarya lah, inilah kesempatan untuk saudara semua," pesan Jokowi saat ceramah.

Dalam acara LPDP Fest yang diadakan secara daring, Jokowi mengingatkan menyatakan Indonesia membutuhkan tenaga muda yang memiliki pemikiran dan visi yang lebih baik untuk masa depan.

Kepala Negara juga berharap para penerima beasiswa tak tergiur untuk menetap di luar negeri meski gaji dan fasilitas di negara lain lebih baik ketimbang Indonesia.

Baca Juga: Soal Isu Gugatan Usia Cawapres Untuk Loloskan Gibran di Pilpres 2024, Ini Kata Jokowi

"Meskipun gaji di sini mungkin lebih rendah sedikit, tetap, pulang. Meskipun mungkin fasilitas enak di negara lain, tetap pulang," lanjut Jokowi. 

Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), LPDP memiliki alat pelacak penerima beasiswa LPDP yang tidak kembali ke Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x