Kompas TV nasional politik

3 Nama Pengganti Ridwan Kamil Usulan DPRD Jawa Barat, Ada Bey Machmudin

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 12:38 WIB
3-nama-pengganti-ridwan-kamil-usulan-dprd-jawa-barat-ada-bey-machmudin
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin di program Kompas Malam KOMPAS TV, Selasa (30/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - DPRD Jawa Barat telah menyepakati tiga nama calon penjabat (Pj) gubernur yang diusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan posisi Gubernur Ridwan Kamil yang akan mengakhiri jabatan pada 5 Sepetember 2023. 

Adapun, ketiga nama itu satu di antaranya ialah Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, pada Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin. 

Selain itu adalah Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan di Kementerian Hukum dan HAM RI Asep N Mulyana serta Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran Keri Lestari. 

"Dari DPRD ada tiga nama dan dari Kemendagri ada tiga nama, dan kewenangan Presiden yang menentukan siapa Pj Gubernur, dengan harapan sebelum 5 September sudah ada nama pengganti dan siap untuk pelantikan," kata Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat seperti dikutip dari TribunJabar.id, Rabu (2/8/2023). 

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tenang Usai Panji Gumilang Ditetapkan Tersangka

Ia berharap sosok yang dipilih nanti oleh Presiden Jokowi bisa bertugas sesuai dengan fungsinya dan menjalankan roda pemerintahan secara baik.

"Sesuai dengan amanat bahwa kami mengadakan rapat pimpinan di DPRD dan di fraksi untuk membahas, setiap fraksi mengajukan tiga nama sesuai amanat. DPRD berharap Pj Gubernur bisa bertugas sesuai dengan peran dan fungsinya nanti, bisa melanjutkan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan baik mengkordinasikan pemerintah pusat maupun ke kabupaten kota secara sinergis," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bey Triadi Machmudin mengatakan belum bisa berbicara banyak karena hal ini masih dalam proses pengajuan, belum disahkan oleh Kepala Negara.


"Terima kasih kepada DPRD, kami menjadi kandidat Pj Gubernur walaupun masih panjang prosesnya. Makanya kami belum bisa bicara lebih banyak karena masih kandidat," kata Bey.

Hal serupa dikatakan kandidat lainnya, Keri Lestari. Ia mengatakan baik menjadi Pj Gubernur Jabar atau tidak, ia akan tetap bersinergi dengan DPRD Jabar dan Pemprov Jabar sebagai Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjadjaran (Injabar).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di fraksi-fraksi DPRD atas kepercayaannya dan insyaallah, jadi atau tidak jadi Pj, kita mah tetap bersinergi bersama, Injabar Unpad bersama DPRD dan Pemprov Jabar untuk masyarakat Jabar," kata Keri.

Baca Juga: Nusron Wahid Sebut Airlangga Tak Mutlak, Usul Golkar Pertimbangkan Ridwan Kamil dan Gibran

Sementara, Asep Mulyana mengatakan ia belum tahu secara pasti siapa yang akan menjadi Pj Gubernur Jabar. 

"Saya juga belum tahu secara pasti, saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kehormatan yang diamanahkan atau diberikan oleh masyarakat Jawa Barat melalui DPRD Jawa Barat," kata Asep yang pernah menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar.



Sumber : TribunJabar.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x