Kompas TV nasional peristiwa

Jadwal Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-78 RI, ada Pagelaran Angklung Terbesar di Dunia

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 10:44 WIB
jadwal-rangkaian-acara-peringatan-hut-ke-78-ri-ada-pagelaran-angklung-terbesar-di-dunia
Ilustrasi, peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara, 17 Agustus 2022. Ini rangkaian acara HUT ke-78 Ri sepanjang Agustus 2023 (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, pemerintah telah menyiapkan berbagai acara mulai dari panggung hiburan, pemecahan rekor muri permainan angklung hingga istana berkebaya.

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan sepanjang Agustus 2023 dengan mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama, dalam Keterangan Pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2023, di Jakarta, Senin (31/07/2023).

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” ujar Setya.

Setya mengatakan bahwa rangkaian acara HUT ke-78 RI, tak hanya berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan tetapi juga di sejumlah tempat lainnya.

“Alhamdulillah setelah kita mengalami masa pandemi, saat ini kita bisa lebih bebas, lebih leluasa untuk merayakan bulan kemerdekaan ini dengan lebih semarak,” ujarnya.

Baca Juga: Perbedaan Isi Teks Proklamasi Asli Tulisan Tangan Soekarno dan yang Diketik Sayuti Melik

Jadwal dan Rangkaian Acara HUT ke-78 RI

1 Agustus

Rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan yang akan digelar di halaman depan Istana Merdeka hari ini, Selasa (1/8/2023).

“Seperti sebagaimana biasa, agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” ujar Setya.

5 Agustus 

Acara dilanjutkan dengan pemecahan rekor dunia atau Guinness World of Records (GWR) Angklung Tahun 2023 di Gelora Bung Karno.

Acara ini akan melibatkan lebih dari 15 ribu pemain angklung yang dipandu oleh Saung Angklung Udjo untuk memainkan lagu nasional Berkibarlah Benderaku dan lagu internasional Wind of Change.

Acara juga dimeriahkan grup musik Kahitna dan dipandu para musisi dari Saung Angklung Udjo.

Acara ini diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pergelaran angklung terbesar di dunia.

6 Agustus

Agenda pada 6 Agustus sore hari diberi judul Istana Berkebaya. Acara yang diinisiasi Pemprov DKI berharap mengangkat nasionalisme melalui budaya berkebaya.

Dalam acara ini, kebaya akan dikenakan tokoh wanita inspiratif Indonesia dengan 401 peserta dan panggung catwalk sepanjang 200 meter di area depan Istana Merdeka.

Baca Juga: Contoh Susunan dan Tugas Panitia Acara 17 Agustus Tingkat RT, Agar Peringatan HUT ke-78 RI Meriah




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x