Kompas TV nasional humaniora

Profil 4 Perwira Muda TNI-Polri Peraih Adhi Makayasa, Ada Anak Mantan Kapolri Idham Azis

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 12:09 WIB
profil-4-perwira-muda-tni-polri-peraih-adhi-makayasa-ada-anak-mantan-kapolri-idham-azis
Presiden Joko Widodo melantik perwira TNI-Polri, Rabu (26/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada empat perwira muda yang meraih penghargaan Adhi Makayasa 2023 karena telah berhasil menjadi lulusan terbaik dari masing-masing akademi dalam pelantikan TNI dan Polri hari ini, Rabu (26/7/2023).

Presiden Joko Widodo melantik 833 orang perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Sebanyak 833 orang perwira itu terdiri dari 357 perwira lulusan Akademi Militer, 94 perwira lulusan Akademi Angkatan Laut, 114 perwira lulusan Akademi Angkatan Udara, dan 268 perwira lulusan Akademi Kepolisian.

Sementara itu, dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53 Polri Tahun 2023, ada 4 perwira TNI-Polri yang mendapat penghargaan Adhi Makayasa 2023. Mereka adalah:

Baca Juga: Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri, Ini 4 Daftar Peraih Adhi Makayasa

  • Letnan Dua (Infanteri) Sawung Setiawan, Adhi Makayasa dari Akademi Militer
  • Letnan Dua (Pelaut) Hermawan Burhanudin Tri Putro, Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut
  • Letnan Dua (Penerbang) Muhammad Galuh Safari Rahmat, Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara
  • Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis, Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian

Adhi Makayasa merupakan penghargaan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian yang diberikan kepada mereka yang secara seimbang dapat memperlihatkan prestasi terbaik dari tiga aspek.

Ketiga aspek tersebut mencakup akademis, jasmani, dan kepribadian. Ada banyak perwira TNI dan Polri peraih Adhi Makayasa yang pada akhirnya menjadi tokoh nasional hingga punya jabatan strategis di TNI dan Polri.

Mereka, antara lain, Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mantan Panglima TNI Moeldoko, dan mantan Kapolri Tito Karnavian.

Berikut profil 4 perwira peraih Adhi Makayasa 2023, dikutip dari berbagai sumber.

1. Profil Letnan Dua (Infanteri) Sawung Setiawan

Dikutip dari laman Taruna Nusantara, Sawung Setiawan S.Tr (Han) merupakan lulusan SMA Taruna Negara 26.

Setelah lulus, dia diterima di Akademi Militer (Akmil). Saat pendidikan ia memiliki pangkat sersan mayor dua taruna (sermadatar).

Dia juga menjadi Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorpstar) yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan fungsi organisasi Resimen Korps Taruna.

Pada 13 Juli 2023 lalu, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman secara resmi menganugerahkan Adhi Makayasa kepada Sawung Setiawan.

Hal itu dilakukan dalam rangka penutupan Pendidikan Taruna Akademi Militer (Akmil), serta mewisuda 356 Taruna Akmil Tingkat IV TA. 2022 – 2023, di Gedung Lili Rochly, Akmil, Magelang.

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi saat Lantik 833 Perwira TNI dan Polri Tahun 2023

2. Profil Letnan Dua (Pelaut) Hermawan Burhanudin Tri Putro

Hermawan Burhanudin Tri Putro merupakan penyandang lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 88 sekaligus peraih Adhi Makayasa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x