Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri, Ini 4 Daftar Peraih Adhi Makayasa

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 10:19 WIB
jokowi-lantik-perwira-tni-polri-ini-4-daftar-peraih-adhi-makayasa
Presiden Joko Widodo melantik perwira TNI-Polri di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 833 perwira remaja dari TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (26/7/2023). 

Adapun, rinciannya terdiri dari lulusan dari Akademi Militer (Akmil) sebanyak 357 orang, Akademi Angkatan Laut (AAU) 94 orang, Akademi Angkatan Udara (AAU) 114 orang dan Akademi Kepolisian (Akpol) 286 orang.

Presiden Jokowi kemudian membacakan sumpah dan diikuti oleh perwira remaja yang dilantik. Jokowi mengatakan perjuangan para perwira remaja dari TNI dan Polri itu sangat berat hingga akhirnya bisa dilantik.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Lantik dan Ambil Sumpah Perwira TNI-Polri 2023

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan saudara-saudara perwira remaja, para kesatria muda, sebagai perwira remaja TNI dan Polri," kata Jokowi yang dipantau dari channel YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam pelantikan itu, Jokowi memberikan Adhi Makayasa 2023 kepada lulusan terbaik. Penghargaan itu diberikan satu untuk masing-masing matra.

Adhi Makayasa itu diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023, tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Akademi Kepolisian menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Salah satu penerima Adhi Makayasa itu adalah anak dari Mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Idham Azis yakni Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis S Tr K.

Peraih Adhi Makayasa 2023

Dalam Keputusan Presiden itu, turut dilampirkan mengenai empat penerima Adhi Makayasa 2023. Berikut daftarnya:

1. Akmil: Letnan Dua Sawung Setiawan
2. AAL: Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro
3. AAU: Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahmat
4. Akpol: Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis


Acara pelantikan itu turut dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Panglima.

Baca Juga: Tinjau Perbaikan Jalan, Jokowi dan Ganjar Dikerumuni Warga

Kemudian, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x