Kompas TV nasional hukum

Ternyata Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel Dicopot karena Kasus saat Jabat Kajati Sultra

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 06:15 WIB
ternyata-direktur-ekonomi-dan-keuangan-jamintel-dicopot-karena-kasus-saat-jabat-kajati-sultra
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Ketut Sumadema, mengungkapkan satu tersangka baru dari kasus dugaan korupsi proyek BTS Kominfo, Selasa (23/5/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung (Kejagung) mencopot tiga jaksa lantaran terlibat kasus suap dari pengusaha di daerah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Salah satunya yakni Direktur Ekonomi dan Keuangan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Kejagung, Raimel Jesaja.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menjelaskan, pencopotan Raimel lantaran diduga terlibat suap saat menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra.

Kebetulan, penyelidikan kasus masih berjalan saat Raimel mendapat jabatan Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel Kejagung.

Pencopotan Raimel sebagai jaksa muda merupakan sanksi yang diberikan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas). 

Baca Juga: Negara Rugi Rp575 Miliar, Luhut Minta KPK Lacak Pelaku Ekspor 5 Juta Ton Bijih Nikel Ilegal ke China

Sanksi etik pencopotan itu diberikan lantaran Raimel melakukan pelanggaran berat saat menjabat sebagai Kajati Sultra.

Adapun Raimel Jesaja dilantik oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin sebagai Direktur Ekonomi dan Keuangan Jamintel pada 8 Februari 2023 lalu.

"Saya kira rekan-rekan media sudah paham itu, bukan pada yang bersangkutan (Ramiel) menjabat Jamintel," ujar Ketut di Kejagung, Jakarta, Senin (24/7/2023). 

Lebih lanjut Ketut menjelaskan, dua orang jaksa yang dicopot juga bertugas dari Kejati Sultra. Keduanya yakni mantan asisten pidana Khusus (Apidsus) adn Kejati Sultra dan Koordinator Eselon III Kejati Sultra.

Keduanya mendapat sanksi berat sama seperti Raimel, pencopotan jabatan dan status jaksa. Namun Ketut tak bisa memberikan secara gamblang identitas dua jaksa yang dicopot lantaran belum mendapat data dari Jamwas. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x