Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator Terbaru: Elektabilitas Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga, dan AHY Bersaing Ketat

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 07:50 WIB
survei-indikator-terbaru-elektabilitas-erick-thohir-ridwan-kamil-sandiaga-dan-ahy-bersaing-ketat
Kolase cawapres Pilpres 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis Minggu (23/7/2023), nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali menduduki puncak elektabilitas bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Berdasarkan survei tersebut, Erick berada dalam posisi teratas di simulasi 22 nama semi terbuka, 17 nama semi terbuka, serta 5 nama.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, Erick mempunyai 18,5 persen suara dalam simulasi 22 nama calon wakil presiden.

“Erick Thohir 18,5 persen paling banyak dipilih sebagai cawapres,” kata Burhan saat menyampaikan hasil survei secara daring, Minggu (23/7/2023).

Di posisi kedua elektabilitas cawapres ada Ridwan Kamil yang mendapatkan dukungan sebesar 16,9 persen, diikuti oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan persentase 11,8, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,4 persen. 

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mendapatkan dukungan sebesar 5,5 persen, Mahfud MD 4,9 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 2,9 persen. 

Jenderal (purn) Andika Perkasa juga mendapatkan dukungan sebesar 2,8 persen. Sedangkan untuk kandidat lain, hanya menerima suara di bawah 2 persen.

“Erick menempati peringkat pertama meskipun hasilnya tidak signifikan dengan Ridwan Kamil di peringkat kedua,” tutur Burhan.

Lalu pada hasil simulasi dari 17 nama,  juga menempatkan Erick di posisi teratas dengan elektabilitas 19 persen, mengungguli Ridwan Kamil yang mendapatkan 16,7 persen. 

Posisi ketiga ditempati oleh Sandiaga dengan angka 14 persen, diikuti oleh AHY dengan 11,6 persen, Khofifah dengan 6 persen, Mahfud MD dengan 5,5 persen, dan Andika Perkasa dengan 3,6 persen. Sisanya hanya meraih angka di bawah 2 persen.

Baca Juga: Apa Saja 4 Syarat Jika Erick Thohir Terpilih Jadi Bakal Cawapres? Pertama, Tak Mau 'Kawin Paksa'



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x