Kompas TV nasional hukum

Bareskrim Ungkap Temuan Nama yang Diduga Terlibat Penyelewengan Zakat Al Zaytun oleh Panji Gumilang

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 07:10 WIB
bareskrim-ungkap-temuan-nama-yang-diduga-terlibat-penyelewengan-zakat-al-zaytun-oleh-panji-gumilang
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (29/5/2023). (Sumber: Grid.ID/Ragillita Desyaningrum)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan perkembangan kasus dugaan penyelewengan zakat Pondok Pesantren Al Zaytun yang diduga dilakukan oleh Panji Gumilang.

Diketahui, Panji Gumilang kembali dilaporkan ke polisi terkait dugaan penyalahgunaan zakat. Laporan tersebut dilayangkan oleh Forum Indramayu Menggugat (FIM) pada Senin (17/7/2023).

Dalam laporannya, pelapor menyertakan dua buah barang bukti berupa dua tangkapan layar video liputan seorang jurnalis televisi nasional.

Baca Juga: Panji Gumilang Dilaporkan Selewengkan Zakat Ponpes Al Zaytun, Bareskrim: Alat Bukti Sedang Didalami

Serta tangkapan layar acara “Catatan Demokrasi” yang disiarkan oleh televisi nasional bersama mantan wali santri Al Zaytun berinisial LS.

Terkait laporan itu, Ramadhan menjelaskan bahwa Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri memberikan asistensi dalam penyidikan dugaan penyalahgunaan zakat itu. Menurutnya, kasus tersebut tengah diselidiki oleh Polres Indramayu.

“Kasus diselidiki oleh Polres Indramayu, Bareskrim Polri sifatnya asistensi,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Ramadhan menuturkan menindaklanjuti laporan tersebut, Bareskrim Polri sudah melakukan koordinasi dengan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK dengan meminta untuk melakukan analisis terhadap sejumlah rekening yang diduga berkaitan dengan penyelewengan zakat tersebut.

Baca Juga: Jawaban Kejagung Terkait Progres Penanganan Kasus Panji Gumilang Pimpinan Ponpes Al-Zaytun



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x