Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC Mei 2023: AHY Paling Kompetitif dalam Bursa Bakal Cawapres Anies Baswedan

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 19:03 WIB
survei-smrc-mei-2023-ahy-paling-kompetitif-dalam-bursa-bakal-cawapres-anies-baswedan
Foto arsip. Pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei nasional yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilaksanakan pada Mei 2023 menunjukkan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, paling kompetitif dalam bursa bakal cawapres Anies Baswedan.

AHY dinilai sebagai tokoh paling kompetitif untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies, dalam menghadapi dua bakal capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Pendiri SMRC Prof. Saiful Mujani mengatakan sebenarnya nama AHY berada di bawah Sandiaga Uno yang meraih dukungan responden sebesar 21,9 persen dalam bursa bakal cawapres Anies.

Namun, kata dia, saat survei dilakukan, Sandi belum bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Waktu kami lakukan studi ini bulan Mei, kami masukkan nama Sandi waktu itu, kami melihat, Sandiaga cukup menonjol dibanding nama-nama yang lain," jelas Saiful, dipantau dari diskusi bertajuk “Bakal Calon Wakil Presiden Pilihan Publik” melalui kanal YouTube SMRC TV, Kamis (29/6/2023).

"Tapi kalau Sandiaga dikeluarkan, tentu saja di sini yang nomor duanya adalah AHY, dengan selisih yang cukup jauh dengan Erick Thohir, Mahfud MD, dan seterusnya," imbuhnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Erick Thohir dan Sandiaga Uno Bersaing dalam Bursa Cawapres Ganjar

Usai Sandi memutuskan untuk bergabung dengan PPP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres, kata Saiful, analisis terkait mantan politikus Partai Gerindra itu dengan Anies pun tak bisa dilakukan lebih jauh.

"Karena sudah bergabung dengan PPP yang sudah mendukung Ganjar, tentu saja ini menjadi tidak bisa dianalisis lebih jauh, karena Sandiaga harus dipilih, dia menjadi bakal calon untuk Ganjar, tidak bisa untuk Anies," urainya.

Sandi dan AHY merupakan dua dari sepuluh nama lain yang dipilih SMRC dalam skema bursa bakal cawapres Anies untuk menghadapi Ganjar dan Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x