Kompas TV nasional politik

Pasang Surut Hubungan SBY-Megawati hingga Titip Pesan buat Pertemun Politik Puan-AHY

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 11:23 WIB
pasang-surut-hubungan-sby-megawati-hingga-titip-pesan-buat-pertemun-politik-puan-ahy
Ketua DPP PDI-P Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akhirnya pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani dan Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terjadi di Minggu pagi (18/6/2023) di Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, keduanya terlihat akrab saling tersenyum. 

Dua anak mantan presiden ini sepakat untuk menghadirkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang gembira. "Tentu ini akan menjadi lebih penting dalam membangun bangsa dan negara," kata Puan usai pertemuan.

Dia juga berharap  pemilu ke depan menjadi pemilu damai, pemilu yang gembira, pemilu yang bisa membuktikan bahwa pesta demokrasi rakyat itu adalah pestanya seluruh rakyat Indonesia.

Sebelum pertemuan, Puan mendapatkan pesan dari sang ibu, tak lain dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Pesan dari Ibu Mega yang ketemu hari ini, ketemu hari ini senyum, tidak boleh kemudian ketemunya berdua ini wah tegang-tegang," ujar Puan membeberkan pesan ibunya. 

Baca Juga: AHY dan Puan Bertemu, PKS: Meneduhkan Iklim Politik Kita

Sementara AHY pun mendapatkan pesan dari sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Ketua Umum Partai Demokrat. Pesan tersebut diterima AHY ketika berziarah ke makam istri SBY, Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

"Kebetulan pusara almarhumah Ibu Ani tidak jauh dari pusara almarhum Bapak Taufiq Kiemas," kata AHY. "Beliau berdua bersahabat di masa hidupnya dan tentunya Al-Fatihah di alamnya, di dunianya juga tersenyum melihat kebersamaan pagi hari ini," ujar AHY. 

"Yang jelas semangatnya sekali lagi adalah bagaimana Pak SBY juga menitipkan semoga pertemuan ini membawa kebaikan dan keberkahan. Sekali lagi jangan hanya pada pembahasan politik praktis, tetapi jauh dari itu," kata AHY.

Pertemuan Puan dan AHY menjadi sorotan, selain sebagai tokoh politik, juga karena hubungan SBY-Mega yang pasang surut. 

Mega dan SBY pernah dalam satu pemerintahan ketika Megawati duduk sebagai presiden RI kelima. Kala itu, SBY duduk sebagai Menteri Koordiantor Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x