Kompas TV nasional hukum

Survei Litbang Kompas: Citra Polri Perlahan Pulih usai Diterjang Kasus Dua Jenderal

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 08:24 WIB
survei-litbang-kompas-citra-polri-perlahan-pulih-usai-diterjang-kasus-dua-jenderal
Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo usai jalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Survei Litbang Kompas sebut citra Polri perlahan pulih usai diterjang kasus dua jenderal (Sumber: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan citra lembaga kepolisian Republik Indonesia (Polri) menunjukkan adanya pemulihan.

Peningkatan ini, menurut Litbang Kompas, sebagian besar berasal dari penindakan dan pengawalan yang dilakukan Polri dalam kasus-kasus tersebut.

Melalui komitmen yang ditunjukkan dalam upaya perbaikan, citra Polri naik menjadi 62 persen pada Mei 2023, dari angka sebelumnya yang lebih rendah 49,9 persen pada Januari 2023.

Polri menjadi satu-satunya institusi yang mengalami peningkatan lebih dari 10 persen jika dibandingkan dengan survei Januari 2023 silam.

Baca Juga: Litbang Kompas: Sorot Kasus Haris-Fatia dan Bima Yudho Lampung, Kepuasan Politik dan Keamanan Turun

"Keraguan publik dijawab Polri dengan melakukan penindakan dan pengawalan dalam kasus-kasus tersebut," ungkap Litbang Kompas dalam Harian Kompas edisi Senin (22/5/23).

Dari survei tersebut, 61,6 persen responden menilai citra Polri baik. Angka ini menandakan adanya pemulihan citra Polri yang sempat tercoreng oleh beberapa insiden besar, termasuk tragedi Kanjuruhan dan kasus yang melibatkan Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa.

Meski begitu, survei ini juga mencatat bahwa 29,1 persen responden masih memandang citra Polri dalam cahaya negatif.

Sementara itu, 9,4 persen responden memilih untuk tidak menjawab atau menyatakan tidak mengetahui.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Kepuasan Kinerja Pemerintah di Sektor Ekonomi Meningkat Signifikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x