Kompas TV nasional humaniora

Wapres Maruf Amin Minta BSI dan Bank Lain Benahi Sistem Teknologi: supaya Siap Hadapi Pembajakan

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 04:05 WIB
wapres-maruf-amin-minta-bsi-dan-bank-lain-benahi-sistem-teknologi-supaya-siap-hadapi-pembajakan
Ilustrasi. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyampaikan tiga pesan jelang Idulfitri 1444 Hijriah pada acara Takbir Akbar Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (21/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dan bank-bank lainnya di Indonesia membenahi sistem teknologi agar lebih siap menghadapi pembajakan atau peretasan.

Pernyataan itu disampaikan Ma'ruf menyusul dugaan peretasan sistem BSI yang menyebabkan terganggunya layanan sejak 8 Mei 2023 lalu.

"Ini pengalaman yang kurang bagus ya untuk terjadi hang. Karena itu saya minta BSI membenahi sistem teknologinya, supaya tidak terjadi lagi," kata Ma'ruf di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin (15/5/2023) dilansir dari Antara.

Ia pun mengingatkan, gangguan layanan BSI menimbulkan kesan di tengah masyarakat bahwa sistem teknologi yang ada saat ini kurang baik. 

Oleh karena itu, ia meminta agar manajemen BSI menjaga kepercayaan nasabah dengan menjaga stabilitas layanannya.

“Saya minta BSI membenahi sistem teknologinya supaya tidak terjadi lagi, dan sekarang juga cepat untuk mengembalikan, sehingga tidak mengganggu (layanan) dan merusak kepercayaan (nasabah),” ujarnya.

Baca Juga: Layanan BSI dengan Kemenkeu Kembali Normal, Nasabah Bisa Transaksi Pembayaran Gaji hingga Pajak

Bukan hanya BSI, Ma'ruf juga mengajak bank syariah maupun bank konvensional lainnya untuk mengantisipasi berbagai serangan terhadap sistem keamanan teknologi.

“Bukan hanya BSI saya kira, bank-bank syariah yang lain juga harus antisipatif,” jelas mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.

“Karena itu, kepada seluruh bank, baik yang syariah maupun konvensional supaya lebih siap dengan situasi terjadinya pembajakan-pembajakan,” imbuhnya. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sistem BSI diduga mengalami serangan siber atau peretasan data yang mengakibatkan terganggunya layanan.

Kemarin, Sabtu (13/5) akun pelacak peretasan di Twitter, @darktracer_int atau Fusion Intelligence Center membagikan pengumuman dari Lockbit 3.0 yang disebut sebagai geng ransomware.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x