Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Kode Dukungan Kaesang untuk Prabowo adalah Replika Wajah Jokowi yang Sesungguhnya di 2024

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 19:52 WIB
pengamat-kode-dukungan-kaesang-untuk-prabowo-adalah-replika-wajah-jokowi-yang-sesungguhnya-di-2024
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. (Sumber: (KOMPAS.com/HERU DAHNUR))
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai kode dukungan Kaesang Pangarep untuk Prabowo Subianto merupakan wajah politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sesungguhnya terkait Pilpres 2024.

Seperti yang diketahui, saat tampil dalam sebuah podcast, Kaesang tampak memakai kaus bertuliskan dan bergambar Prabowo.

“Kode Kaesang adalah replika dari wajah Jokowi yang seungguhnya, mencari cara bagaimana menyandingkan Ganjar (Pranowo) dan Prabowo, mengingat politik apapun bisa selesai di meja perundingan. Yang tidak mungkin dalam politik adalah membangkitkan orang yang sudah meninggal,” ujar Adi dalam program Kompas Petang Kompas TV, Jumat (12/5/2023).

Menurut Adi, ada aroma yang bisa dicium oleh publik, yaitu kencerungan sikap politik Jokowi yang ingin menyatukan Gerindra dan PDI Perjuangan (PDIP).

Terlebih, secara statistik, jika Gerindra dan PDIP bergabung, kata Adi, siapa pun capres yang akan dilawan, relatif gampang untuk dikalahkan.

Baca Juga: Kaesang Pakai Baju Gambar Prabowo, Ini Tanggapan Ketua DPP PDIP

“Jokowi menaruh perhatian betul siapa yang sukses di 2024 untuk melanjutkan kebijakannya,” ucapnya.

Terkait putra Jokowi lainnya, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan kader PDIP, Adi berpendapat wajah politiknya adalah wajah politik PDI Perjuangan, yaitu ideologi merah.

Ia memaklumi jika Gibran berbicara normatif karena tidak mungkin ia dan relawannya mendukung capres di luar kandidat partai.

“Saat ini tentu Gibran tidak menjawab definitif para relawannya, saya rasa Gibran akan seiman dengan PDI Perjuangan, menjaga komunikasi dan perasaan dengan tokoh-tokoh politik yang dekat dengan Jokowi,” kata Adi.

Baca Juga: Gerindra Akan bertemu Kaesang, Gibran : Saya Tidak Tahu


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x