Kompas TV nasional rumah pemilu

Parpol Pasang Wajah Lama Jadi Bakal Caleg di Pileg 2024, Apakah Masyarakat Masih Tertarik?

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 08:11 WIB
parpol-pasang-wajah-lama-jadi-bakal-caleg-di-pileg-2024-apakah-masyarakat-masih-tertarik
Ilustrasi pemilu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai politik (parpol) yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 memilih untuk mengusung bakal calon anggota legislatif (caleg) dari kalangan petahana atau yang sudah duduk di kursi parlemen. 

Kekuatan para petahana diyakini masih bisa memastikan perolehan kursi bagi parpol setidaknya sama dengan raihan pada pemilu periode sebelumnya.

Baca Juga: Ogah Maju Jadi Bakal Caleg, FX Rudy: Saya Ingin Fokus Menangkan Puan dan Anaknya

Salah satu parpol yang akan mengikutsertakan kembali seluruh petahana anggota DPR dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 adalah Partai Nasdem. 

Sebanyak 58 petahana akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka menjadi bagian dari seluruh bakal calon anggota legislatif (caleg) Nasdem, baik dari tingkat DPR, DPRD Provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, pihaknya mewajibkan seluruh petahana anggota DPR untuk maju kembali. Mereka diberikan nomor urut pertama di seluruh daerah pemilihan (dapil). 

Ada pula sanksi yang bakal dikenakan kepada petahana yang tak maju di Pileg 2024, kecuali dengan alasan tertentu yang disetujui partai.

”Incumbent itu, kan, kader-kader terbaik partai. Mereka sedang melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat, sehingga secara elektoral lebih kuat,” kata Ali seperti dikutip dari Kompas.id, Rabu (10/5/2023).

Ia membenarkan, partai berharap para petahana bisa terpilih kembali sehingga perolehan kursi parpol setidaknya bisa sama atau tak jauh berkurang dari raihan di pemilu sebelumnya. 

Pencalonan petahana anggota DPR kali ini juga sudah didasarkan pada sejumlah evaluasi. Sebab, berkaca pada Pemilu 2019, jumlah petahana anggota DPR dari Nasdem yang terpilih jauh lebih kecil dari jumlah yang didaftarkan.

”Dari total 36 petahana, hanya 12 yang terpilih kembali, sedangkan 24 orang lainnya tidak lolos ke parlemen pada Pemilu 2019,” kata Ali.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x