Kompas TV nasional peristiwa

Hari Buruh, Jokowi Ingatkan Perluas Kesempatan Kerja dan Peningkatan Kesejahteraan Buruh

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 14:32 WIB
hari-buruh-jokowi-ingatkan-perluas-kesempatan-kerja-dan-peningkatan-kesejahteraan-buruh
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan lewat video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (24/4/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak segenap pemangku kepentingan untuk memanfaatkan Hari Buruh Internasional 2023 dengan meningkatkan kesejahteraan dan melindungi hak buruh. (Sumber: Tangkapan layar video Sektretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak segenap pemangku kepentingan untuk memanfaatkan Hari Buruh Internasional 2023 dengan meningkatkan kesejahteraan hingga melindungi hak buruh.

Hal ini disampaikan Jokowi melalui tayangan ucapan selamat Hari Buruh Internasional 2023 atau May Day yang diperingati hari ini, Senin (1/5/2023) yang disiarkan di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

"Kepada seluruh buruh dan pekerja di seluruh Tanah Air, Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional 2023," kata Jokowi.

"Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional."

Kepala Negara pun menegaskan upaya peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) terutama melalui pengembangan pendidikan vokasional, harus terus dilakukan.

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja juga harus terus dilakukan melalui program Prakerja serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan, pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri.

Hal itu, kata dia, dalam rangka menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Tanah Air.

"Sekali lagi, selamat Hari Buruh Internasional 2023," ucapnya mengakhiri video ucapannya.

Baca Juga: Aksi Hari Buruh: Tak Diizinkan ke Istana dan MK, Massa Gelar Demo di Patung Kuda



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x