Kompas TV nasional humaniora

Catat Pelabuhannya, Ini Pembagian Jenis Kendaraan untuk Penyeberangan Tujuan Sumatera dan Jawa

Kompas.tv - 11 April 2023, 21:27 WIB
catat-pelabuhannya-ini-pembagian-jenis-kendaraan-untuk-penyeberangan-tujuan-sumatera-dan-jawa
Ratusan kendaraan menumpuk di kantung dermaga menuju area penyeberangan Pelabuhan Merak, Rabu (28/12/2022). Pelabuhan Merak ditutup akibat cuaca buruk sampai dinyatakan aman untuk kapal menyeberang. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pembagian jenis kendaraan bagi pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dan Jawa. 

Pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 ini, Kemenhub menyiapkan empat pelabuhan penyeberangan untuk pemudik. 

Untuk kendaraan mobil pribadi dan bus tujuan Pulau Sumatera pada arus mudik dan balik tanggal 15 April hingga 1 Mei 2023 penyeberangan dilakukan melalui Pelabuhan Merak. 

Sedangkan kendaraan motor dan truk tujuan Pulau Sumatera, arus mudik dan balik pada tanggal 15 April hingga 1 Mei 2023, penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan.

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Merak, Jokowi Imbau Calon Pemudik Pesan e-Ticket dan Jelaskan Penambahan Dermaga

Sebaliknya, pemudik tujuan Pulau Jawa juga disediakan dua pelabuhan.

Untuk kendaraan mobil pribadi dan bus, arus mudik dan balik tanggal 15 April hingga 1 Mei 2023 penyeberangan dilakukan melalui Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian kendaraan motor tujuan Pulau Jawa pada arus mudik dan balik di tanggal 15 April hingga 1 Mei 2023 penyeberangan melalui Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. 

Untuk kendaraan truk tujuan Pulau Jawa, 15 April hingga 1 Mei 2023 penyeberangan melalui Pelabuhan Panjang. 

"Perlu diingat juga pembagian jenis kendaraan ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti situasional sesuai diskresi Kepolisian," tulis keterangan Kemenhub melalui akun Instagram resmi, Selasa (11/4/2023). 

Baca Juga: Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Tambah 2 Dermaga di Pelabuhan Merak Banten

Selain itu, Kemenhub juga membuka secara fungsional tempat istirahat atau rest area bagi pemudik tujuan Sumatera untuk antisipasi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Tempat istirahat yang disediakan yakni rest area KM 43, KM 68 dan KM 97.

Selain membuka rest area,  guna antisipasi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Kemenhub bersama Korlantas Polri akan melakukan penundaan perjalanan atau delaying system di jalan Tol Tangerang-Merak.

"Perlu diingat perubahan pengaturan penundaan perjalanan dapat berubah secara tiba-tiba atau situasional sesuai dengan diskresi Kepolisian," tulis keterangan Kemenhub.

Baca Juga: Demi Kelancaran Arus Mudik, Wapres: Jalan yang Sudah Siap Segera Dibuka, Tak Usah Tunggu Peresmian

Adapun Kemenhub memperhitungkan puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 21 April 2023 dengan perkiraan pemudik ada 18,7 juta orang. 

Sedangkan puncak arus balik terjadi pada Selasa, 25 April 2023 dengan jumlah pemudik 17,7 juta orang. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x