Kompas TV regional banten

Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Tambah 2 Dermaga di Pelabuhan Merak Banten

Kompas.tv - 11 April 2023, 14:50 WIB
cegah-kemacetan-mudik-lebaran-2023-pemerintah-tambah-2-dermaga-di-pelabuhan-merak-banten
Presiden Joko Widodo tiba di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023). (Sumber: Twitter Joko Widodo)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demi mencegah kemacetan saat momen mudik Lebaran 2023, pemerintah menambah dua dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023).

Penambahan dua dermaga tersebut meningkatkan kapasitas hingga 10 ribu penumpang di Pelabuhan Merak. 

Pelabuhan yang sebelumnya hanya bisa menampung 34 ribu orang itu pun kini akan bertambah kapasitasnya hingga 49 ribu orang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menghargai upaya kementerian dan lembaga yang menambah kapasitas Pelabuhan Merak guna mencegah kemacetan saat momen mudik Idulfitri 1444 Hijriah.

Presiden menerangkan, penambahan jumlah dermaga di Pelabuhan Merak sangat penting, mengingat jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat dari 86 juta menjadi 123 juta orang.

"Saya sangat menghargai apa yang sudah dilakukan di Pelabuhan Merak, tadi disampaikan ada penambahan pelabuhan dermaga dua, dan juga penambahan kapasitas yang signifikan, jadi kapasitas dari 34 ribu ke 49 ribu ini sebuah jumlah yang cukup besar," kata Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas soal persiapan mudik Lebaran tahun 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023) sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV, Cincy dan Wandi.

"Karena kita tahu yang mudik nanti dari 86 juta ke 123 juta (orang -red). Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan dermaga ini penting sekali," imbuhnya.

Baca Juga: 123 Juta Orang Mudik, Menhub Lakukan Antisipasi Lonjakan Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Selain menambah jumlah dermaga, Jokowi menyebut, manajemen Pelabuhan Merak juga akan memisahkan jalur antara kendaraan kecil dengan kendaraan besar ke dermaga yang berbeda.

"Saya lihat juga manajemennya sudah sangat detil, pelabuhan mana untuk kendaraan berat, mana kendaraan bermotor, mana kendaraan kecil dan bus, saya kira manajemen baik," jelas Presiden Ketujuh RI itu.

Ia pun mengajak para jajarannya untuk memantau jalannya manajemen di lapangan, apakah upaya tersebut bisa memperbaiki kemacetan atau tidak.

"Karena kalau kita ingat tahun lalu problem besar ada di Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah apakah perbaikan yang kita lakukan betul menghilangkan problem yang telah terjadi di tahun lalu," ujarnya.

Presiden Jokowi menyebut lonjakan pemudik pada momen mudik Lebaran tahun 2023 kali ini akan membutuhkan persiapan, perencanaan, serta pengelolaan yang baik, sehingga masyarakat tidak terjebak kemacetan panjang di pelabuhan.

"Saya sangat berharap, kenapa saya kesini, karena saya mau mastikan semua berjalan dengan baik dan masyarakat betul terlayani dengan baik tidak ada yang merasa lama-lama di jalan, berlama lama di pelabuan, ada kemacetan, itu yang kita harapkan," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, 136 CCTV Dipasang di Area Pelabuhan Merak, CIlegon, dan Banten


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x