Kompas TV nasional peristiwa

Dosen UII yang Hilang Terdeteksi Masuk ke Amerika Serikat

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 00:05 WIB
dosen-uii-yang-hilang-terdeteksi-masuk-ke-amerika-serikat
Ilustrasi. Info orang hilang SPKT Polda DIY tentang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama, Jumat (17/2/2023). Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang dinyatakan hilang kontak terdeteksi masuk ke Amerika Serikat (AS) melalui bandara Boston, negara bagian Massachusetts, 13 Februari lalu. Lokasi persis Ahmad dan alasannya terbang ke Boston belum diketahui. (Sumber: Instagram Poldajogja)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang dinyatakan hilang kontak terdeteksi masuk ke Amerika Serikat (AS) melalui bandara Boston, negara bagian Massachusetts, 13 Februari lalu. Lokasi persis Ahmad dan alasannya terbang ke Boston belum diketahui.

Informasi mengenai lokasi Ahmad disampaikan oleh Rektor UII Fathul Wahid pada Minggu (19/2/2023). Fathul mengaku, informasi itu diterimanya dari Kementerian Luar Negeri RI.

Berdasarkan data dari United States Customs and Border Protection (US CBP), Ahmad terdeteksi masuk ke bandara di Boston pada 13 Februari lalu. 

”Universitas Islam Indonesia dan keluarga bersyukur ikhtiar menemukan Ahmad Munasir Rafie Pratama mulai mendapati titik terang,” kata Fathul dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.id.

”UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa AMRP (Ahmad Munasir Rafie Pratama) menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi,” lanjutnya.

Baca Juga: Dicari! Dosen UII yang Hilang Kontak, Ini Tabel Waktu Sempat Kunjungi Norwegia dan Terlacak di Turki

Ahmad Munasir Rafie Pratama disebut hilang kontak pada 12 Februari silam. Saat itu, Ahmad terakhir berada di Oslo, hendak naik penerbangan ke Istanbul, Riyadh, lalu Jakarta.

Ahmad terakhir kontak dengan istrinya mengaku sedang "menunggu boarding" di Oslo. Ahmad berada di Norwegia untuk berkunjung ke University of South-Eastern Norway bersama tiga orang lain dari UII, termasuk Fathul.

Akan tetapi, Fathul menuturkan, tim UII meninggalkan Norwegia dalam tiga penerbangan berbeda. Ahmad terbang sendirian karena dijadwalkan menghadiri konferensi internasional di Riyadh.

Menurut Fathul, jejak digital menunjukkan bahwa dosen Jurusan Informatika UII itu sudah meninggalkan Oslo menuju Istanbul. Pada 12 Februari, antara pukul 19.00-23.00 waktu Istanbul, Ahmad terdeteksi sempat terhubung ke internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke Kampus UII.

Selain itu, Ahmad juga diketahui signt out dari platform Google Drive pada 13 Februari 2023 waktu setempat. Menurut Fathul, jejak digital ini didukung oleh keterangan otoritas imigrasi di Oslo yang menyebut Ahmad sudah tidak berada di kawasan Schengen Eropa per 12 Februari 2023.

Baca Juga: Lokasi Terakhir Dosen UII yang Hilang Kontak Terlacak dari Aktivitas Digital di Istanbul Turkiye


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x