Kompas TV nasional update

Lokasi Terakhir Dosen UII yang Hilang Kontak Terlacak dari Aktivitas Digital di Istanbul Turkiye

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 12:25 WIB
lokasi-terakhir-dosen-uii-yang-hilang-kontak-terlacak-dari-aktivitas-digital-di-istanbul-turkiye
Ilustrasi peta di smartphone (gawai pintar). Keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, terlacak melalui internet karena ada aktivitas digital pada 12-13 Februari 2023. (Sumber: Freepik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, terlacak melalui internet karena ada aktivitas digital.

Rektor UII Fathul Wahid menerangkan, secara tertulis pada Sabtu, (18/2/2023), lokasi dosen yang akrab disapa Rafie itu terdeteksi di Istanbul, Turkiye pada Minggu (12/2).

Badan Sistem Informasi UII menemukan, terjadi aktivitas keluar (sign out) akun Google dari gadget Rafie pada tanggal 13 Februari dini hari waktu Indonesia.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki," tutur Fathul, Sabtu (18/2).

Selain itu, jejek digital Rafie juga menunjukkan adanya sambungan Internet melalui koneksi Virtual Private Network (VPN) eduVPN yang mengarah ke kampus UII. 

Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu Turkiye pada 12 Februari 2023.

Sementara itu, kepolisian di Oslo memastikan, catatan pihak imigrasi di bandara Oslo menunjukkan bahwa Rafie sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Baca Juga: Dua Upaya KJRI Istanbul Telusuri Jejak Dosen UII yang Hilang Sejak 12 Februari Lalu

Akan tetapi, Fathul menyampikan pihaknya belum dapat memastikan apakah dosen Jurusan Informatika itu telah meninggalkan Istanbul. 

Guna memastikan keberadaan Rafie di Istanbul, pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Turkish Airline.

"Sampai saat ini, kami belum dapat memastikan apakah Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh. Informasi status boarding yang masih kami tunggu dari Turkish Airline, akan mengungkap dengan lebih jelas," ujarnya.

Sebelumnya, Rafie dikabarkan hilang kontak setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Ia mengikuti kegiatan tersebut bersama dengan empat orang tim UII, termasuk Fathul, yang berkunjung ke USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas pada 5 hingga 12 Februari 2023.

Baca Juga: Cari Keberadaaan Dosen UII yang Hilang, Polda DIY Sebar Info Orang Hilang di Media Sosial

Tim tersebut terakhir bertemu dengan Rafie di Oslo Norwegia pada 11 Februari 2023 malam. Saat itu, tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda, Rafie kembali ke Indonesia sendirian melalui Istanbul Turki.

Berdasarkan informasi lisan yang diberikan Rafie dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada sang istri, dia akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00.

Adik Rafie pun menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati sang kakak. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama Rafie ternyata tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut.

Baca Juga: Begini Pesan Terakhir Dosen UII kepada Istrinya Sebelum Hilang Kontak di Istanbul Turkiye


zz



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x