Kompas TV nasional peristiwa

KJRI Bantu Telusuri Dosen UII yang Hilang Kontak di Istanbul

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 19:49 WIB
kjri-bantu-telusuri-dosen-uii-yang-hilang-kontak-di-istanbul
Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) hilang kontak setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). (Sumber: UII)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul turut menelusuri keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang dikabarkan hilang kontak di Istanbul, 12 Februari lalu.

Pihak KJRI telah berkomunikasi dengan istri Ahmad dan menjalin komunikasi formal ataupun informal dengan pihak terkait di Istanbul untuk melakukan pencarian.

Baca Juga: Ini Profil Dosen UII yang Hilang setelah Berkunjung ke Norwegia

"KJRI sudah menghubungi imigrasi dan otoritas bandara untuk meminta sejumlah informasi yang bisa menjadi petunjuk kemungkinan keberadaan yang bersangkutan," kata Konsul Jenderal RI di Istanbul Imam Asyari dalm rilis yang diterima Kompas TV, Sabtu (18/2/2023).

"Selain itu, KJRI juga sudah menanyakan kepada simpul-simpul masyarakat Indonesia di Istanbul," lanjutnya.

Ahmad Rafie Pratama diketahui melakukan perjalanan dinas ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari lalu. Ia dijadwalkan terbang kembali pada 12 Februari dengan transit di Istanbul. Kontak terakhir dengan Ahmad saat dosen Jurusan Informatika UII itu masih di bandara Oslo.

Sejumlah pihak berspekulasi bahwa hilangnya Ahmad terkait dengan gempa. Namun, Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menyebut kecil kemungkinan hilangnya Ahmad terkait gempa.

Iqbal merujuk gempa Turki-Suriah yang terjadi pada 6 Februari. Sedangkan Ahmad menuju Turki pada 12 Februari atau enam hari usai gempa.

Iqbal menyebut banyak kemungkinan terkait hilangnya Ahmad. Belum bisa dipastikan apakah dosen UII tersebut sudah berada di Istanbul atau masih di Oslo.

Baca Juga: Dosen UII Yogyakarta Hilang Kontak Setelah Kunjungan ke Norwegia, Ini Kronologinya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x