Kompas TV regional peristiwa

Dosen UII Yogyakarta Hilang Kontak Setelah Kunjungan ke Norwegia, Ini Kronologinya

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 11:10 WIB
dosen-uii-yogyakarta-hilang-kontak-setelah-kunjungan-ke-norwegia-ini-kronologinya
Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) hilang kontak setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). (Sumber: UII)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) dikabarkan hilang kontak setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Ketika itu, ia bersama dengan empat orang tim UII, termasuk Rektor UII Fathul Wahid berkunjung ke USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas pada 5 sampai 12 Februari 2023.

Dikutip dari laman uii.ac.id, tim terakhir bertemu dengan Ahmad Munasir di Oslo Norwegia pada 11 Februari 2023 malam. Ketika itu, tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda dan sang dosen tersebut kembali ke Indonesia sendirian melalui Istanbul Turki.

Rencananya, Ahmad Munasir akan menempuh rute perjalanan Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Namun, dia tidak berbagi informasi penerbangan detail istrinya dan kolega di UII.

Baca Juga: Banyak Pengeluaran Saat Ramadan, Ini 5 Tips Ala Dosen UII Yogyakarta untuk Mengontrolnya

Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo, AMRP memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Riyadh.

Ahmad Munasir pun mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum naik pesawat ke Istanbul yang berbunyi: ‘menunggu boarding’. Sejak saat itu, dia tidak pernah mengirimkan pesan lagi.

Beragam upaya untuk mengontak sudah dilakukan, akan tetapi belum ada satu pun yang direspons Ahmad Munasir.

Berdasarkan informasi lisan yang diberikan Ahmad Munasir dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada sang istri, dia akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00.

Adik Ahmad Munasir menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama sang kakak tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut.

Upaya UII cari keberadaan sang dosen




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x