Kompas TV nasional peristiwa

Soal Pencabutan PPKM, Jokowi: Jangan Lupa Bersyukur, Kita Sering Lupa kalau Sudah Enak

Kompas.tv - 29 Januari 2023, 18:03 WIB
soal-pencabutan-ppkm-jokowi-jangan-lupa-bersyukur-kita-sering-lupa-kalau-sudah-enak
Presiden Jokowi saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2023 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan Indonesia patut bersyukur dengan dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2023 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Kepala Negara mengenang keadaan saat pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia pada 2020.

Di mana dia mengakui, saat itu pemerintah gagap dalam menghadapi pandemi. Hal itu tergambar ketika Indonesia kekurangan alat pelindung diri (APD), vaksin, dan peralatan-peralatan medis lainnya.

"Kita patut bersyukur, kalau kita ingat tahun 2020, 2021, 2022, betapa saat pandemi masuk, kita semuanya gagap, bingung, solusi apa yang harus kita putuskan," kata Jokowi. 

"Kita bingung cari APD, karena semua negara mencari APD, kita rebutan vaksin, karena semua negara mencari vaksin. Kita juga kejar-kejaran mencari obat. Pada saat puncak, kita keteteran manajemen dalam menyiapkan oksigen."

Jokowi kemudian mengenang ketika PPKM ketat diberlakukan di tanah air yang berakibat ditutupnya pusat-pusat perbelanjaan atau mal, pasar, hingga warung-warung kecil. 

"Dan kita ingat saat itu, semua mal, pasar, bioskop, tempat ibadah semuanya tutup, warung kecil, Tanah Abang, toko kecil, juga tutup," jelasya. 

Oleh sebab itu, mantan Guberunur DKI Jakarta ini pun mengingatkan seluruh masyarakat untuk bersyukur karena PPKM telah dicabut.

Baca Juga: Hadiri Perayaan Imlek Nasional, Jokowi Kenakan Kemeja Cheongsam dan Disambut Pertunjukan Barongsai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x