Kompas TV nasional politik

Survei LSI: Kinerja Ekonomi Nasional Dinilai Membaik, Persepsi Positif Datang dari Pendukung Jokowi

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 20:43 WIB
survei-lsi-kinerja-ekonomi-nasional-dinilai-membaik-persepsi-positif-datang-dari-pendukung-jokowi
Ilustrasi. Presiden Jokowi Buka Rakornas Kepala Daerah dan FKPD se-Indonesia, Bogor, 17 Januari 2023. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut kinerja ekonomi pemerintahan Joko Widodo secara umum membaik. Namun, persepsi positif ini terindikasi dipengaruhi oleh sikap partisan dalam populasi.

Rezim Jokowi cenderung dinilai lebih baik dalam menanggulangi empat masalah ekonomi, yakni mengurangi jumlah orang miskin, menekan harga-harga kebutuhan pokok, menyediakan lapangan kerja, dan mengurangi jumlah pengangguran.

“Kami menanyakan masyarakat perihal peran pemerintah mengurangi orang miskin. Persepsi umumnya positif meskipun yang menyatakan buruk juga masih banyak,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam pemaparan hasil survei pada Minggu (22/1/2023).

Baca Juga: Simulasi Pilpres LSI: Ganjar Menang, Didukung Hampir Setengah Pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin

Menurut survei LSI, sebanyak 31-36% populasi menilai pemerintahan Jokowi membaik dalam hal mengurangi jumlah orang miskin, menekan harga-harga kebutuhan pokok, menyediakan lapangan kerja, dan mengurangi jumlah pengangguran.

Meskipun demikian, jumlah responden yang menilai tidak ada perubahan dalam penanggulangan empat hal di atas juga cukup banyak, antara 31 dan 35%.

Sementara itu, populasi yang menilai kinerja pemerintah justru memburuk antara 23 hingga 29%.

Di lain sisi, Djayadi menyorot penilain kinerja pemerintah dengan basis dukungan populasi terhadap partai dan paslon Pilpres 2019 lalu.

Hasilnya, pendukung Jokowi-Ma’ruf cenderung menilai positif kinerja pemerintah dibanding pendukung Prabowo-Sandiaga. Pendukung PDIP dan PKB cenderung menilai positif kinerja pemerintah dalam empat isu yang ditanyakan.

Selain itu, pendukung Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PPP, PAN, dan Demokrat cenderung menilai kinerja pemerintah dalam empat isu di atas memburuk atau tidak ada perubahan.

Lebih lanjut, LSI menyebut tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Jokowi cukup tinggi, yakni 76,2%. Djayadi menyebut tingkat kepuasan ini terkait kondisi ekonomi dan penegakan hukum.

Survei Nasional LSI yang dipaparkan hari ini menggunakan metode pemilihan sampel random digit dialing (RDD) yang mana memilih nomor telepon responden secara acak.

Sebanyak 1.221 responden dikumpulkan melalui proses tersebut. Dengan asumsi simple random sampling, margin of error survei ini diperkirakan kurang-lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei Nasional LSI kali ini menyasar responden WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler, sekitar 83% dari populasi nasional.

Baca Juga: Survei LSI: Walau Kondisi Ekonomi Dipandang Negatif, 76 Persen Masyarakat Puas dengan Jokowi


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x