Kompas TV nasional rumah pemilu

Simulasi Pilpres LSI: Ganjar Menang, Didukung Hampir Setengah Pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 18:10 WIB
simulasi-pilpres-lsi-ganjar-menang-didukung-hampir-setengah-pemilih-jokowi-ma-ruf-amin
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir saat perayaan HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/01/2023). (Sumber: kompas.com/kristianto purnomo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ganjar Pranowo disebut akan menang jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Hal tersebut menurut simulasi pilpres dalam survei nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dipaparkan pada Minggu (22/1/2023).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyebut hasil simulasi itu terkait dengan basis dukungan pada Pilpres 2019 silam dan persepsi atas kinerja pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi.

Berdasarkan survei, LSI menyebut Ganjar unggul dari 19 nama kandidat yang disimulasikan. Gubernur Jawa Tengah ini meraih 27,2 persen suara responden.

Posisi berikutnya ditempati mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (16,8 persen), dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (16 persen).

Di bawah tiga nama itu, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (7,2 persen), Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (2,4 persen), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno (2,1 persen).

Baca Juga: Survei LSI: Walau Kondisi Ekonomi Dipandang Negatif, 76 Persen Masyarakat Puas dengan Jokowi

Sementara nama-nama yang meraih suara responden kurang dari 2 persen adalah Khofifah Indar Prawansa, Erick Thohir, Ma'ruf Amin, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Gatot Nurmantyo, Budi Gunawan, Tri Rismaharini, Bambang Soesatyo, Mahfud MD, Tito Karnavian, Muhaimin Iskandar, dan La Nyalla Mattalitti.

Sementara sebanyak 18,1 persen responden tidak menjawab atau tidak memilh dalam simulasi pilpres LSI.

Kemudian ketika simulasi dikerucutkan menjadi sepuluh nama, Ganjar tetap unggul dengan raihan suara 29,2 persen. Menyusul Ganjar adalah Prabowo (19,4 persen) dan Anies (16,5 persen).

Saat simulasi dikerucutkan lagi menjadi tiga nama, Ganjar tetap menang dengan perolehan 36,3 persen. Anies menempati urutan kedua dengan 24,2 persen, sedangkan Prabowo di urutan ketiga dengan 23,2 persen.

Djayadi menyebut ada keterkaitan hasil simulasi ini dengan peta politik dari Pemilu 2019. Ia menyebut pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin pada 2019 lalu cenderung mengalihkan dukungan ke Ganjar (41,9 persen).

Menurut survei LSI, hampir setengah pendukung Jokowi-Ma'ruf mengalihkan dukungan ke Ganjar.

Sementara itu, pendukung Prabowo-Sandiaga cenderung mengalihkan dukungan ke Prabowo (36,4 persen) dan Anies (28,6 persen).

Selain itu, populasi yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi cenderung mendukung Ganjar dan Prabowo. 

"Ada kaitan tampaknya antara tingkat kepuasan terhadap presiden dengan sikap politik pada Pemilu 2019 lalu," kata Djayadi.

"Yang mengatakan puas kepada presiden itu lebih banyak mendukung Ganjar Pranowo (35,4 persen), baru setelah itu Prabowo Subianto (18,2 persen), lalu diikuti Anies Baswedan (14 persen)," lanjutnya.

Baca Juga: Unggah Momen Bareng Ganjar Pranowo, Erick Thohir: Jangan Salah Fokus Seperti Bahlil Lahadalia
 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x