Kompas TV nasional hukum

KPK Sebut Lukas Enembe Tidak Perlu Berobat ke Luar Negeri: Fasilitas RSPAD Sudah Cukup

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 06:31 WIB
kpk-sebut-lukas-enembe-tidak-perlu-berobat-ke-luar-negeri-fasilitas-rspad-sudah-cukup
Gubernur Papua Lukas Enembe keluar dari mobil untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebut Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe tidak perlu berobat ke luar negeri. 

Marwata menilai fasilitas kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta dianggap sudah mumpuni untuk memberikan pengobatan kepada Lukas Enembe. 

"Jadi, untuk sementara kami tidak akan memfasilitasi yang bersangkutan berobat ke luar negeri," kata Alexander Marwata di Jakarta, Selasa (17/1/2023) dikutip dari Antara.

Baca Juga: KPK Telusuri Dugaan Aliran Dana dari Lukas Enembe ke Kelompok Separatis di Papua

"Dengan fasilitas kesehatan yang tersedia di Jakarta, RSPAD khususnya, penyakit yang bersangkutan bisa diatasi. Jadi, enggak perlu berobat ke luar negeri."

Lebih lanjut, Aelxander Marwata juga mengungkapkan bahwa Lukas Enembe dalam keadaan sehat dan layak untuk menjalani proses hukum. 

Namun, apabila ada rekomendasi dari tim dokter RSPAD Gatot Subroto atau Ikatan Dokter Indonesia (IDI), KPK akan memfasilitasi Lukas Enembe berobat ke luar negeri. 

"Hasil pemeriksaan dokter RSPAD dan IDI, yang bersangkutan dinyatakan sehat. Kalau ada gangguan kesehatan hipertensi, itu karena faktor usia atau kondisi badan yang bersangkutan; dan itu sudah bisa diatasi lewat pemeriksaan yang bersangkutan di RSPAD," jelasnya.

Baca Juga: Lukas Enembe Kembali Dibawa ke RSPAD, KPK: Tak Ada Keadaan Darurat



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x