Kompas TV nasional hukum

Ferdy Sambo Malu Ceritakan Kariernya di Kepolisian: Dapat Penghargaan, tapi Harus Selesai di Sini

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 06:00 WIB
ferdy-sambo-malu-ceritakan-kariernya-di-kepolisian-dapat-penghargaan-tapi-harus-selesai-di-sini
Terdakwa Ferdy Sambo memasuki ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa Ferdy Sambo mengatakan perjalanan kariernya selama 28 tahun di institusi kepolisian harus berhenti karena kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Ferdy Sambo mengaku malu menjelaskan mengenai perjalanan kariernya di kepolisian tersebut. Sebab, ia harus mengakhiri karier dengan menjadi pesakitan.

Baca Juga: Cerita Kuat Maruf Saat Ferdy Sambo Beri Uang dan Iphone: Amplopnya Sempat Dipegang Richard dan Ricky

“Sebenarnya saya malu untuk menjelaskan, tetapi apa yang saya dapat, itu memang harus berhenti di sini,” kata Ferdy Sambo dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

Adapun pernyataan tersebut disampaikan Ferdy Sambo menjawab pertanyaan pihak kuasa hukum yang memintanya untuk menjelaskan mengenai perjalanan kariernya selama 28 tahun di kepolisian.

Dalam kesempatan itu, Ferdy Sambo mengatakan, dirinya sempat mendapatkan penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada personel Polri dan non-Polri yang berjasa dalam memajukan institusi tersebut. 

Baca Juga: Arahan Ferdy Sambo Saat Kuat Maruf Diperiksa Provos: Bilang Dengar Suara Tembakan, Lalu Tiarap

Tanda kehormatan itu diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan calon penerima harus melalui proses screening rekam jejak dan memenuhi persyaratan formal lainnya.

“Sampai pada penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama, itu saya sudah dapatkan, tapi harus selesai di sini,” tutur Sambo.

Sebelumnya, pihak kuasa hukum juga sempat bertanya kepada Ferdy Sambo mengenai hubungannya dengan Putri Candrawathi dan keempat anaknya.

Akan tetapi, ketika kuasa hukum meminta kepada Ferdy Sambo untuk menjelaskan siapa yang mengurus anak-anaknya saat Putri Candrawathi dan dirinya menjalani masa tahanan, Ferdy Sambo pun sempat terdiam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x