Kompas TV nasional rumah pemilu

NasDem Sebut PKS dan Demokrat Bakal Deklarasi Dukung Anies Capres: Di Akhir Januari atau Februari

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 19:52 WIB
nasdem-sebut-pks-dan-demokrat-bakal-deklarasi-dukung-anies-capres-di-akhir-januari-atau-februari
Ketua DPP Partai NasDem, Effendi Choirie atau Gus Choi mengaku mendengar bahwa ada dua partai yang segera mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie atau Gus Choi mengaku mendengar, ada dua partai yang segera mendeklarasikan dukungannya untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Dua partai yang dimaksud yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. 

Gus Choi menyebut deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan tersebut akan dilakukan Demokrat dan PKS pada akhir Januari atau Februari mendatang.

"Saya mendengar bahwa PKS maupun Demokrat akan mendeklarasikan mendukung Anies sebagai calon presiden mungkin akhir Januari, mungkin Februari, pokoknya kira-kira sekitar 2 bulan 1 bulan inilah," kata Gus Choi, Sabtu (7/1/2023), dikutip dari Tribunnews.

Meski demikian, Gus Choi mengatakan, yang memiliki hak dan tahu betul terkait pengusungan Anies Baswedan tersebut adalah Partai Demokrat dan PKS, bukan dirinya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, atas informasi tersebut, partainya optimistis PKS dan Demokrat mempunyai keyakinan yang sama untuk mendukung Anies Baswedan maju sebagai Capres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Bahkan, dia menyebut NasDem juga yakin dua partai tersebu tak akan goyah meski ada tawaran dari partai politik (parpol) lain.

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Itu Bukan Kabar Angin, Kami Sudah Siap

"Jadi orang lain boleh ragu, tapi kami mantap. NasDem mantap, yakin, mereka (PKS dan Demokrat) tidak goyah," tegasnya.

"Meskipun ada yang menawari dari kekuasaan mau dikasih menteri ini menteri itu, kami yakin mereka tidak goyah, keyakinan kami justru mereka mantap mendukung Anies gitu."

Diberitakan sebelumnya, NasDem telah resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024, pada Senin (3/10/2022) lalu. 

Pengusungan Anies ini diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta.

Namun, NasDem tak bisa sendirian untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena terbentur persyaratan ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

Belakangan ini disebutkan bahwa PKS dan Demokrat siap mendukung langkah Anies maju di pesta demokrasi nanti.

Hal ini juga sempat disampaikan Anies saat menghadiri acara Bimtek Partai Nasdem di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

"Insyaallah dua partai ikut. PKS dan Demokrat sudah bersiap. Nanti kita jalan bersama. Kita kerja bersama," ujar Anies saat itu.

Baca Juga: Pengamat: Rencana Reshuffle Kabinet Jokowi Cenderung Politis karena NasDem Usung Anies


 



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x