Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Buka Kemungkinan Akhiri PPKM, Muhadjir: secara De Facto Indonesia Sudah Keluar dari Pandemi

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 17:33 WIB
jokowi-buka-kemungkinan-akhiri-ppkm-muhadjir-secara-de-facto-indonesia-sudah-keluar-dari-pandemi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendukung rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghentikan kebijakan PPKM, nilai secara de facto Indonesia telah keluar dari fase Pandemi Covid-19. (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendukung rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dia menilai, secara de facto atau menurut kenyataan sesungguhnya, Indonesia telah keluar dari fase pandemi Covid-19. Pasalnya, menurutnya, saat ini kebijakan PPKM sudah tidak dipraktikkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

"Selalu saya katakan bahwa de facto, kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi, ini tinggal karena untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu kan keputusan dari WHO, bukan dari kita," kata Muhadjir seusai acara Anugerah Revolusi Mental di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

"Jadi sebetulnya, praktik sehari-hari kita ini kan juga sudah tidak ada PPKM, ya kan gitu. Jadi saya dukung, dukung arahan Pak Presiden," imbuhnya.

Terkait pencabutan PPKM, Muhadjir mengaku masih menunggu perintah langsung dari Jokowi untuk memutuskan. Tetapi menurut dia, Indonesia saat ini sudah siap bila kebijakan tersebut dicabut.

"Kita tinggal nunggu perintah dari Bapak Presiden, tapi secara persiapan, insyaallah sudah siap," jelasnya.

Meski demikian, Muhadjir tak menampik, rencana pencabutan PPKM ini masih perlu dibahas dengan menteri-menteri terkait sebelum diputuskan oleh Jokowi.

Salah satunya yakni terkait perkembangan terkini ihwal penyebaran virus penyebab Covid-19 di Indonesia

"Makanya kita ini lihat perkembangan saja, tapi kalau kita lihat sudah relatif tahan uji, ya," tutur Muhadjir.

Baca Juga: Jokowi Sebut PPKM Mungkin akan Dihentikan Akhir Tahun Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x