Kompas TV nasional politik

Resmi Jadi Panglima TNI, Yudo Margono Berjanji akan Segera Terbang ke Papua

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 14:39 WIB
resmi-jadi-panglima-tni-yudo-margono-berjanji-akan-segera-terbang-ke-papua
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan akan segera terbang ke tanah Papua untuk mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi di sana.

Ia menjelaskan, dirinya bersama seluruh kepala staf akan melihat langsung persoalan di Bumi Cenderawasih tersebut. 

"Nanti saya kan kesempatan pertama akan datang ke sana bersama kepala staf angkatan untuk melihat secara nyata apa sih sebenarnya yang terjadi di sana," kata Yudo, Senin (19/12/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Panglima TNI Yudo Margono: Jaga Kedaulatan hingga Netralitas TNI

Adapun kunjungan ini berkaitan dengan rencana Yudo menggunakan pendekatan yang lebih humanis dalam menangani isu keamanan di Papua. 

Ia menyebut kunjungannya tersebut bertujuan untuk mendengarkan masukan dari prajurit, pemerintah daerah, serta tokoh agama dan masyarakat setempat. 

Jenderal bintang empat itu mengaku akan lebih dulu mendengarkan pendapat para pemangku kepentingan tersebut sebelum memutuskan strategi penanganan Papua. 

"Pendekatan yang di lapangan ini apa yang ada di sana, jadi enggak harus belum-belum sudah diputuskan. Nanti saya putuskan, memutuskannya setelah saya cek dulu," kata Yudo. 

Selain itu, kata dia, operasi TNI di Papua kini lebih menonjolkan operasi teritorial dengan tetap memberikan tindakan tegas sesuai aturan hukum. 

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

"Nanti tentunya akan kita evaluasi dulu, baru nanti saya laporkan ke Bapak Presiden situasi yang ada," ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/12/2022). 

Adapun Andika akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2022 mendatang.

"Sebelum saudara mengucapkan sumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, harap dijawab pertanyaan saya. Apakah saudara bersedia diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Yudo. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan selurus-lurusnya. Bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi yang diikuti oleh Yudo Margono.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x