Kompas TV nasional hukum

Psikolog Forensik Ragukan Putri Candrawathi Diperkosa Brigadir J: Secepat Itu Bisa Langsung Pulih?

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 05:05 WIB
psikolog-forensik-ragukan-putri-candrawathi-diperkosa-brigadir-j-secepat-itu-bisa-langsung-pulih
Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Putri Candrawathi, saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel buka suara menanggapi pernyataan terdakwa Putri Candrawathi yang mengaku diperkosa oleh Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Reza mengaku sangat meragukan kesaksian yang disampaikan oleh istri dari mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo tersebut.

Baca Juga: Putri Candrawathi Menangis Usai Ceritakan Dugaan Pemerkosaan, Pengacara: Wajar, Sangat Traumatik

Menurut dia, pengakuan Putri Candrawathi itu sangat tidak masuk akal. Ia pun menyangsikan adanya peristiwa pemerkosaan di Magelang tersebut.

"Sampai sekarang saya masih sangsi betul akan adanya perkosaan di Magelang," kata Reza dikutip dari Kompas.com pada Senin (12/12/2022).

Reza menjelaskan, tindak pidana pemerkosaan merupakan kejahatan yang menimbulkan dampak sangat serius terhadap korbannya.

Saking seriusnya, kata dia, sebagian ilmuwan kerap menggunakan istilah "rape trauma syndrome" untuk membedakannya dengan post trauma stress disorder.

Baca Juga: Putri Candrawathi: Yosua Memerkosa, Mengancam, dan Membanting Saya 3 Kali, Itu Benar-benar Terjadi

Sebutan spesifik itu dipakai sebagai penegasan, bahwa trauma akibat pemerkosaan berbeda dan cenderung lebih parah ketimbang trauma akibat kejadian-kejadian lainnya.

Reza menuturkan, korban pemerkosaan setidaknya butuh waktu untuk melalui tiga tahapan agar pulih dari trauma akibat kejahatan seksual tersebut.

Pertama, mengatasi perasaan ketakutan. Kedua, memulihkan ingatan. Terakhir, reconnecting to others atau berinteraksi kembali dengan orang lain.

Sementara dalam kasus ini, Putri Candrawathi mengaku diperkosa oleh Brigadir J di rumahnya di Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Pihak Eliezer akan Fokus Gali Keterangan Putri Candrawathi soal Dugaan Pemerkosaan di Magelang

Namun, tak berselang lama Putri Candrawathi sudah memerintahkan mantan ajudan Ferdy Sambo, Ricky Rizal, untuk memanggil Brigadir J agar menghadapnya.

Anehnya lagi, bahkan Putri Candrawathi dan Brigadir J sempat berbincang berdua di kamar selama kurang lebih 15 menit tanpa ada yang tahu isi pembicaraan mereka.

Dari peristiwa inilah, Reza kemudian meragukan bahwa Putri Candrawathi merupakan korban perkosaan.

"Secepat itukah PC (Putri Candrawathi) bisa langsung pulih dan melompat ke fase (pemulihan) ketiga?" ujar Reza.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x