Kompas TV nasional hukum

Romli Atmasasmita Ingatkan Hakim Sidang Ferdy Sambo untuk Sabar dan Gunakan Strategi Menggiring

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 21:23 WIB
romli-atmasasmita-ingatkan-hakim-sidang-ferdy-sambo-untuk-sabar-dan-gunakan-strategi-menggiring
Guru Besar Hukum Pidana Unpad, Prof Dr Romli Atmasasmita di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (8/12/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Guru Besar Hukum Pidana Universitas Padjajaran Prof Romli Atmasasmita mengingatkan hakim tidak bisa memaksa saksi untuk berbicara jujur. 

Hal ini menanggapi sejumlah momen saat majelis hakim mendesak saksi Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal Wibowo untuk berbicara sesuai fakta di sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadir J, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Romli menjelaskan hakim seharusnya membuat strategi agar saksi bisa berbicara jujur dan tidak melulu mendesak agar saksi mengatakan fakta sebenarnya. 

"Hakim itu harus lebih sabar dan menggunakan strategi tertentu sehingga orang itu mau bicara yang benar," ujar Romli di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (9/12/2022).

Baca Juga: Kuat dan RR Disebut Buta Tuli, Romli Atmasasmita: Hakim Tak Boleh Menjerat dan Menyimpulkan

Romli menyarankan agar majelis hakim perkara pembunuhan berencana Brigadri J bisa menyampaikan pertanyaan yang menggiring saksi berbicara benar, bukan pertanyaan yang menjerat. 

Apalagi saksi dalam perkara tersebut memiliki masih takut terhadap terdakwa Ferdy Sambo karena relasi kuasa.  

"Tahu kita ada relasi kuasa tapi hakim bisa menyampaikan pertanyaan yang bukan menjerat, tapi menggiring saksi bisa bicara yang betul bisa itu," ujar Romli. 

Lebih lanjut Romli mengakui setiap hakim yang diberi perkara tersebut pastinya akan terbeban karena menjadi sorotan semua pihak.

Baca Juga: Pihak Kuat Maruf Laporkan Hakim Sidang Pembunuhan Brigadir Yosua, Ini Alasannya!

Untuk itu hakim perlu berhati-hati dalam memberikan pernyataan kepada para saksi yang dihadirkan. Namun terkadang karena faktor kehati-hatian membuat hakim menjadi stres. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x